:: UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Efektifitas bimbingan belajar Nurul Fikri dalam meningkatkan pemahaman bahasa Inggris siswanya untuk menghadapi ujian nasional = The effectiveness of Nurul Fikri private course in improving students english comprehension in facing the national exam

(Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

[Tujuan dari Jurnal ini adalah untuk menguji dan menganalisa apakah bimbingan belajar Nurul Fikri benar-benar efektif dalam meningkatkan pemahaman bahasa Inggris siswanya sebelum menghadapi ujian nasional. Dikarenakan kebijakan pemerintah Indonesia untuk meningkatkan nilai kelulusan ujian nasional, bimbingan belajar menjadi semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Namun karena kurangmya penelitian, efektifitas bimbingan belajar dalam meningkatkan pemahaman bahasa Inggris siswanya masih dipertanyakan. Penelitian ini menemukan bahwa bimbingan belajar Nurul Fikri hanya efektif dalam meningkatkan pemahaman bahasa Inggris siswa Sekolah Menengah Atas. Berdasarkan hasil dari tes uji coba ujian nasional pertama dan kedua, siswa Sekolah Menengah Atas yang lebih banyak diajarkan mengenai cara membaca teks berbahasa Inggris mengalami kemajuan yang lebih baik dibandingkan siswa Sekolah Menengah Pertama yang banyak diajarkan mengenai tatabahasa dalam bahasa Inggris. Penelitian ini juga menemukan bahwa para murid berpikir guru yang memberikan lebih banyak latihan soal lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman bahasa Inggris mereka dibandingkan guru yang lebih sering memberikan materi pembelajaran baru. Selanjutnya, penelitian ini menemukan bahwa minat siswa tidak memberikan dampak besar untuk peningkatan hasil pembelajaran bahasa Inggris mereka di NF. Meskipun siswa Sekolah Menegah Atas dan Sekolah Menengah Pertama di NF memiliki minat yang sama dalam pelajaran bahasa Inggris, mereka mengelami peningkatan pemahaman yang berbeda., The aim of this paper is to test and analyze whether Nurul Fikri private course is really effective in improving students’ English comprehension in facing the national exam. Because of the Indonesian government’s policy to increase the passing grade of the national exam, private courses have been more popular for the last few years. However, because of lack in researches, the effectiveness of private courses in improving students’ English comprehension is still questionable. This research found that Nurul Fikri private course is only effective in improving senior high school student’s English Comprehension. Based on the result of first and second try outs, senior high school students who were mostly taught about reading materials made better progress than junior high school students who were mostly taught about grammar. Next, this research found that most of the students thought NF teachers who give more exercise are more effective in improving their English comprehension than teachers who teach new materials. Last, this research found that students’ interest did not give significant influence to the result of English teaching in Nurul Fikri. Although junior high school and senior high schools students had similar interest in English, their progresses in English comprehension were different.]

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Fathurizqi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : MK-Pdf
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : 21 hlm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-Pdf TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20392668