:: UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Analisis tinjauan sosiolinguistik terhadap iklan rosee hoegaarden (bir pink) berdasarkan s-p-e-a-k-i-n-g = Sosiolinguistic analysis review to a ros e hoegaarden commercial based on s-p-e-a-k-i-n-g

([Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, ], 2014)

 Abstrak

[Makalah ini membahas tinjauan sosiolinguistik terhadap sebuah iklan yaitu iklan Rosѐe Hoegaarden (bir pink).
Bir adalah salah satu minuman yang terkenal di dunia yang disukai dan dikonsumsi oleh banyak orang setiap
hari, terlebih di belahan dunia yang memiliki 4 musim. Saat ini terdapat variasi yang baru dari bir, yaitu bir
yang berwarna pink. Bir pink adalah salah satu produk yang cukup menarik perhatian masyarakat. Bir ini
berbeda dengan bir pada umumnya, karena warnanya merah muda dan terlihat identik dengan perempuan
karenanya rasanya lebih manis daripada bir pada umumnya. Pada iklan bir pink juga terlihat perbedaan dengan
bir pada umumnya, karena biasanya dalam sebuah iklan bir, laki-laki selalu mendominasi dan menjadi pemeran
utama yang disorot. Dalam makalah ini, penulis menganalisis iklan Rosѐe Hoegaarden (bir pink) berdasarkan SP-
E-A-K-I-N-G yang merupakan singkatan dari Setting and Scene, Participants, Ends, Act Sequences, Key,
Instrumentalities, Norms, Genres yang dikemukakan oleh Dell Hymes. Dari model tersebut, iklan dapat
dipaparkan secara terperinci. Penilitian ini menggunakan metode kepustakaan karena dengan metode tersebut,
peneliti dapat menggambarkan dan memaparkan bagaimana iklan tersebut ditinjau dari segi S-P-E-A-K-I-N-G.
Data yang dianalisis sebanyak 4 buah iklan bir Hoegaarden dengan berbagai versi. Setelah dianalisis dari
keseluruhan aspek yang diteliti, ada beberapa aspek yang paling menonjol yaitu Setting (Latar dan Tempat),
Participants (Pelaku), Ends (Tujuan), dan Norms (Norma). Hal tersebut menunjukkan bahwa sebuah iklan dapat
diteliti dan dipaparkan berdasarkan S-P-E-A-K-I-N-G., This article discusses about a sociolinguistic review to an ad for Rosѐe Hoegaarden (the pink beer). Beer is one
of the world most famous beverages which is liked and consumed by many people everyday, especially in parts
of the world that has four seasons. Currently there are a whole lot of new variations of beer in the market, i.e.
the pink beer. The pink beer is one of the products that caught people’s attention. This beer is different with
other beers in general because of the unusual pink colour and often associated with women because the taste is
sweeter than any other beers in general. In the pink beer commercial we can also see the distinction with the
other brands because usually the ads are men orientated and they are the main focus of the ads. In this article,
the author analyzed the Rosѐe Hoegaarden ad based upon S-P-E-A-K-I-N-G which is an abbreviation for
Setting and Scene, Participants, Ends, Act Sequences, Key, Instrumentalities, Norms, Genres proposed by Dell
Hymes. From these models, advertising can be described in details. This research uses literature methods
because with this method researchers are able to describe and explain how the ads are reviewed by the S-P-EA-
K-I-N-G terms. Data were analyzed by analyzing 4 Hoegaarden beer commercials with various versions.
After all aspects that are being studied are analyzed, there are certain prominents aspects which really stands
out that is the Setting and Scene, Participants, Ends and Norms. It shows that an advertisement can be studied
and presented based on the S-P-E-A-K-I-N-G model.]

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Puteri Risdayani.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : MK-pdf
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, ], 2014
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : iv, 23 hlm. : ill. ; 30 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-pdf TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20392689