Peran sticker dalam Computer Mediated Communication (CMC) = The role of sticker in Computer Mediated Communication (CMC)
([Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, ], 2014)
|
[Makalah ini membahas tentang peran sticker dalam computer-mediated communication (CMC). Sticker adalahsimbol yang menyerupai ekspresi wajah dan konteks sosial yang ada di dalamnya. Sekarang ini peningkatanjumlah interaksi sosial antar manusia lebih banyak terjadi melalui internet. Dapat diasumsikan secara implisitbahwa CMC dapat menggantikan komunikasi tatap muka atau F2F. Karakter khusus dari CMC adalah kurangnyatanda-tanda nonverbal karena sebagian besar CMC berbasis teks. Karena tidak adanya tanda-tanda nonverbal ini,komunikan mengganti ekspresi emosional yang berhubungan dengan isi pesan dengan tanda nonverbal yangtersedia di dalam CMC, misalnya LINE messenger apps. Banyaknya penggunaan sticker di CMC menyiratkanbahwa pengguna CMC memiliki kebutuhan untuk mengekspresikan emosinya dalam simbol-simbol daripadamenggunakan teks. Makalah ini mengindikasikan bahwa faktor sosial, personal, psikologi, dan budaya dapatmempengaruhi penggunaan sticker di LINE., The present paper examines the role of sticker in computer-mediated communication. Sticker are short symbolsthat resemble facial displays and the social context behind them. Today an increasing amount of socialinteraction between people takes place on the internet. It is implicity assumed that CMC can replace face-to-face(F2F) communication. A specific characteristic of CMC is that it is largely text-based which implies that there isa lack of nonverbal cues. When these nonverbal cues are not available, interactants substitute the expession ofrelational messages into cues available in CMC (e.g., in LINE messenger apps people use sticker to convey theiremotion in chatting). Stickers are prevalent in CMC which mplies that CMC users do have a need to expresstheir emotions with short symbols rather than text. This paper indicates that social, personal, psychological, andculture can be the factors contributing the usage of stickers in LINE.] |
![]()
|
No. Panggil : | MK-pdf |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, ], 2014 |
Program Studi : |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
MK-pdf | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20392690 |