:: UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Peran sticker dalam Computer Mediated Communication (CMC) = The role of sticker in Computer Mediated Communication (CMC)

([Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, ], 2014)

 Abstrak

[Makalah ini membahas tentang peran sticker dalam computer-mediated communication (CMC). Sticker adalah
simbol yang menyerupai ekspresi wajah dan konteks sosial yang ada di dalamnya. Sekarang ini peningkatan
jumlah interaksi sosial antar manusia lebih banyak terjadi melalui internet. Dapat diasumsikan secara implisit
bahwa CMC dapat menggantikan komunikasi tatap muka atau F2F. Karakter khusus dari CMC adalah kurangnya
tanda-tanda nonverbal karena sebagian besar CMC berbasis teks. Karena tidak adanya tanda-tanda nonverbal ini,
komunikan mengganti ekspresi emosional yang berhubungan dengan isi pesan dengan tanda nonverbal yang
tersedia di dalam CMC, misalnya LINE messenger apps. Banyaknya penggunaan sticker di CMC menyiratkan
bahwa pengguna CMC memiliki kebutuhan untuk mengekspresikan emosinya dalam simbol-simbol daripada
menggunakan teks. Makalah ini mengindikasikan bahwa faktor sosial, personal, psikologi, dan budaya dapat
mempengaruhi penggunaan sticker di LINE., The present paper examines the role of sticker in computer-mediated communication. Sticker are short symbols
that resemble facial displays and the social context behind them. Today an increasing amount of social
interaction between people takes place on the internet. It is implicity assumed that CMC can replace face-to-face
(F2F) communication. A specific characteristic of CMC is that it is largely text-based which implies that there is
a lack of nonverbal cues. When these nonverbal cues are not available, interactants substitute the expession of
relational messages into cues available in CMC (e.g., in LINE messenger apps people use sticker to convey their
emotion in chatting). Stickers are prevalent in CMC which mplies that CMC users do have a need to express
their emotions with short symbols rather than text. This paper indicates that social, personal, psychological, and
culture can be the factors contributing the usage of stickers in LINE.]

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Permatasari Vienadici.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : MK-pdf
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, ], 2014
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : iv, 16 hlm. : ill. ; 30 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-pdf TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20392690