[Studi ini bertujuan untuk menguji dan membandingkan Skala Kegigihan yang telah dikembangkan (Nu Grit)dengan skala yang telah ada sebelumnya (Grit S). Tujuan lain dari studi ini adalah untuk mengukur SkalaKegigihan (Nu Grit) dengan skala-skala yang mengukur konstruk-konstruk lain, seperti ketelitian dankeberhasilan akademik. Hipotesis utama dari studi ini adalah skor tinggi pada skala Nu Grit memprediksi skoryang tinggi pula pada skala Grit S. Partisipan studi ini adalah dua ratus empat puluh delapan mahasiswaUniversity of Queensland yang mengambil mata kuliah Measurement in Psychology (PSYC3020). Partisipandiminta untuk menyelesaikan survei online yang terdiri dari empat skala ukur yaitu Nu Grit, Grit S, skalavalidasi ketelitian (NEO Personality Inventories), skala validasi kontrol diri (Self Control Behavior Inventory),dan OP Score untuk memvalidasi keberhasilan akademik. Lalu jawaban dari survei tersebut dikumpulkanmelalui Qualtrics. Cronbach Alpha dari studi ini adalah (𝛼 = .86) yang menunjukkan realibilitas skala Nu Grittergolong tinggi. Selain itu, delapan belas dari sembilan belas item dalam indeks item diskriminasimemperlihatkan angka yang relatif baik. Sesuai dengan hipotesis utama, hasil dari studi ini menunjukkan bahwamahasiswa yang memiliki skor tinggi pada skala Nu grit juga akan memiliki skor yang tinggi pada skala Grit S(r = .69). Selain itu, hasil menunjukkan korelasi antara kegigihan dengan ketelitian (r = .70), serta korelasiantara kegigihan dengan kontrol diri (r = .60). Namun, studi ini menemukan hubungan yang tidak signifikanantara kegigihan dan keberhasilan akademik (r = -.10). Dengan kata lain, hasil analisis dari studi ini mendukungkorelasi Nu Grit dengan Grit S dan ketelitian, tetapi studi ini tidak menemukan korelasi antara Nu Grit dengankeberhasilan akademik., This study is primarily sought to compare and test the newly constructed grit scale (Nu Grit) with the existinggrit scale (Grit S). The study also intended to examine the relationships between Nu Grit with the scales thatmeasure other constructs, such as, conscientiousness and academic performance. The main hypothesis of thisstudy is that people who obtained high score in Nu Grit would also obtain high score in Grit S. In this study, 248undergraduate students of University of Queensland who are enrolled in Measurement in Psychology course(PSYC3020) are involved as participants. The participants completed online surveys that contained four scalesthat include Nu Grit, Grit S, validating scale for conscientiousness (NEO Personality Inventories), validatingscale for self-control (Self-Control Behavior Inventory), and OP Score to validate academic success. Allanswers of the survey were submitted to Qualtrics. In this case, the reliability of Nu Grit was considered highwhich could be observed through its Cronbach Alpha (𝛼 = .86). Moreover, 18 out of 19 items in itemdiscrimination indices were found to be relatively good. In accordance to the main hypothesis, the resultindicated that people who scored higher in Nu Grit also score higher in Grit S (r = .69). Moreover, the resultsare corresponding to the second and third hypotheses that grit correlates with conscientiousness (r = 70), andgrit correlates with self-control (r = .60). However, the study found non-significant relationship between gritand academic success (r = -.10). To conclude, the findings of this study support the correlation between Nu Grit,Grit S, and conscientiousness, while it does not support the relationship between Nu Grit and academic success.] |