[Subjektivitas telah menjadi salah satu isu yang diperhatikan banyak orang, termasukorang-orang industri musik folk. Hasilnya, subjektivitas sebagai tema dalam sebagianbesar lagu musik folk. Sebagai genre musik yang ideologi awalnya adalah untukmelawan pemerintah, musik folk mengabaikan ideologinya sendiri dengan membuatlagu-lagu narsistik. Salah satu lagu tersebut adalah Helplessness Blues oleh FleetFoxes, yang cukup kuat mengangkat subjektivitas sebagai tema. Jurnal ini akanmenganalisa subjektivitas dalam lagu Helplessness Blues oleh Fleet Foxes. Denganmenggunakan teori subjektivitas Lacan, lagu ini akan diamati dengan menggunakanfase triadik Lacanian; the Imaginary, the Symbolic, and the Real. Denganmenghubungkan analisa lagu dengan wawancara dengan Robin Pecknold mengenai masyarakat, akan dibuktikan bahwa subjektivitas sebenarnya telah menjadi isu yangmuncul dewasa ini., Subjectivity has become one of the issues of which people are aware. People in thecontemporary folk music industry are also concerned about this issue, resulting in theuse of subjectivity as the theme in most of the songs. As a music genre whose initialideology was to go against the government, folk music neglects its own ideology bymaking narcissistic songs. One of those songs is Fleet Foxes’ Helplessness Blues, inwhich subjectivity emerges as a theme rather strongly. This article will analyze thesubjectivity in Fleet Foxes’ Helplessness Blues. By applying Lacan’s theory ofsubjectivity, this song will be scrutinized by using Lacanian triadic phase; theImaginary, the Symbolic, and the Real. Relating the analysis of the song with theinterview of Robin Pecknold about society, it will be proven that subjectivity actuallyhas become an issue which occurs in this day.] |