[Surat kabar merupakan salah satu media komunikasi yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akaninformasi tentang berbagai macam hal. De Telegraaf, De Volkskrant, Trouw, NRC Handelsblad dan De Persmerupakan lima surat kabar populer Belanda. Seperti kebanyakan surat kabar lainnya, kelima surat kabartersebut memiliki moto. Moto merupakan kalimat, frasa, atau kata yg digunakan sebagai semboyan, pedoman,atau prinsip. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi gaya bahasa apa yang digunakan pada moto danmenjelaskan keterkaitan antara ideologi dengan moto yang digunakan lima surat kabar tersebut. Berdasarkanhasil analisis ditemukan adanya keterkaitan antara moto dan ideologi surat kabar. Selain gaya bahasa ellips yangditemukan pada moto kelima surat kabar Belanda tersebut, terdapat pula beberapa gaya bahasa lainnya sepertimetonimia, pars pro toto, sinekdote dan totum pro parte, repetisi, paradoks, dan personifikasi., The newspaper is one of the communication medium that can meet the needs of the public to gather various ofinformation. De Telegraaf, De Volkskrant, Trouw, NRC Handelsblad and De Pers are five popular newspapersin the Netherlands. Like many other newspapers, all the newspapers have a motto. The motto is a sentence,phrase, or word which is used as a slogan, guidelines, or principles. This study aims to identify the figure ofspeeches that are being used in the motto’s of the 5 most populair newspapers and to identify the associationbetween the motto’s and the ideology of the newspapers. The analysis shows a strong correlation andassociation between the motto’s and the ideology of the newspapers. Besides the elliptical styles, other figuresof speech, such as metonymy, pars pro toto, sinekdote and totum pro parte, repetitions, paradox, andpersonification are identified in all five newspapers.] |