:: UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Tinjauan semantis pada gaya bahasa dalam lima moto surat kabar Belanda De Telegraaf, De Volkskrant, Trouw, NRC Handelsblad, De Pers dan keterkaitan antara ideologi dengan moto yang digunakan = Semantics review on figure of speech of five Dutch Newspaper’s Mottos : De Telegraaf, De Volkskrant, Trouw, NRC Handelsblad, De Pers and The Association between the ideology and the usage motto

([Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, ], 2014)

 Abstrak

[Surat kabar merupakan salah satu media komunikasi yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan
informasi tentang berbagai macam hal. De Telegraaf, De Volkskrant, Trouw, NRC Handelsblad dan De Pers
merupakan lima surat kabar populer Belanda. Seperti kebanyakan surat kabar lainnya, kelima surat kabar
tersebut memiliki moto. Moto merupakan kalimat, frasa, atau kata yg digunakan sebagai semboyan, pedoman,
atau prinsip. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi gaya bahasa apa yang digunakan pada moto dan
menjelaskan keterkaitan antara ideologi dengan moto yang digunakan lima surat kabar tersebut. Berdasarkan
hasil analisis ditemukan adanya keterkaitan antara moto dan ideologi surat kabar. Selain gaya bahasa ellips yang
ditemukan pada moto kelima surat kabar Belanda tersebut, terdapat pula beberapa gaya bahasa lainnya seperti
metonimia, pars pro toto, sinekdote dan totum pro parte, repetisi, paradoks, dan personifikasi., The newspaper is one of the communication medium that can meet the needs of the public to gather various of
information. De Telegraaf, De Volkskrant, Trouw, NRC Handelsblad and De Pers are five popular newspapers
in the Netherlands. Like many other newspapers, all the newspapers have a motto. The motto is a sentence,
phrase, or word which is used as a slogan, guidelines, or principles. This study aims to identify the figure of
speeches that are being used in the motto’s of the 5 most populair newspapers and to identify the association
between the motto’s and the ideology of the newspapers. The analysis shows a strong correlation and
association between the motto’s and the ideology of the newspapers. Besides the elliptical styles, other figures
of speech, such as metonymy, pars pro toto, sinekdote and totum pro parte, repetitions, paradox, and
personification are identified in all five newspapers.]

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Widya Tri Yusma.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : MK-pdf
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, ], 2014
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : iv, 20 hlm. : ill. ; 30 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-pdf TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20392821