Evaluasi iklan televisi sosialisasi pemilu 2014 komisi pemilihan umum republik indonesia pada pemilih pemula = Evaluation of 2014 general election television advertising outreach program of indonesian general election commission on first time voters
(Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014)
|
[Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi formatif terhadap iklan televisisosialisasi Pemilu 2014 dari Komisi Pemilihan Umum RI pada pemilih pemula.Penelitian ini menggunakan model pencapaian tujuan dimana evaluasi dilakukanmelalui pengukuran tingkat kesuksesan atau kegagalan dalam mencapai objektifdari program. Melalui kuisioner yang diberikan pada 30 pemilih pemula sertawawancara dengan pihak sosialisasi KPU RI, penelitian ini menunjukkan bahwaiklan televisi sosialisasi Pemilu 2014 dikategorikan sangat efektif dalam halpeningkatan partisipasi pemilih. Kemudian juga dikategorikan cukup efektifdalam hal penyebarluasan informasi, tahapan, jadwal dan program pemilu; sertapeningkatkan pengetahuan, pemahaman dan kemampuan masyarakat tentangkepemiluan. Namun, untuk mengatasi beberapa kendala seperti minimnya pemilihmuda yang menjadikan KPU sebagai sumber utama informasi, penelitian inikemudian merekomendasikan KPU RI untuk (1) membangun kerjasama yangsinergis dan berkelanjutan utamanya dalam hal sosialisasi pemilu dengan mediamassa dan LSM terkait, serta (2) melakukan pemilihan media sosialisasi denganseksama dan menyesuaikan konten pesan dengan platform media yang dipilih., This study is a formative evaluation of the television ads outreach programs of the2014 election Indonesian General Election Commission. This study uses a modelof goal-attainment models where the evaluation is done by measuring the level ofsuccess or failure in achieving the objectives of the program. Through aquestionnaire given to 30 first-time voters as well as interviews with the KPU RIsocialization, this study shows that the program has been very effective in termsof increasing voter participation. Then also been effective in terms of informationdissemination, stage, and program schedule of the elections; and increasingknowledge, understanding and the ability of the electoral community. However, toovercome some obstacles such as the low number of young voters who make theCommission as the main source of information, this study then recommends KPURI to (1) build synergistic and sustainable especially in terms of socializationelection by the mass media and NGOs, as well as (2) conduct media selection andsocialization carefully tailor the message content with selected media platforms.] |
TA-M Ghurron Muhajjalin.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | TA-Pdf |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | |
Tipe Konten : | |
Tipe Media : | |
Tipe Carrier : | |
Deskripsi Fisik : | ix, 40 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp. |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
TA-Pdf | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20392843 |