Pengaruh penerapan konsep green marketing (sebuah studi literatur pada karya jurnal ilmiah penelitian pada periode semester 1 2013- semester 1 2014 = The effect of implementation on green marketing concept, a literature review based on scientific journal research during the first semester of 2013 until the first semester of 2014 / Rajasa Pramesywara
Rajasa Pramesywara;
Arga Hananto, supervisor; Sri Daryati, examiner; Rushli Fauzan, examiner
(Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014)
|
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisa atas pemetaan penelitiankonsep green marketing dari segi definisi, variabel penelitian, industri yang diangkatmenjadi kasus, metodologi, dan hasil penelitian yang dilakukan terhadap 22 artikeljurnal ilmiah terkait dengan konsep green marketing yang dilansir oleh pusat dataonline Elsevier selama periode tahun 2013 hingga kini (semester 1 2014) denganmenggunakan teknik traditional literatur review. Hasil dari penelitian ini adalahindustri perhotelan dan turisme sebagai sebuah industri yang dijadikan kasuspenelitian terbanyak dari seluruh jurnal yang dipetakan menunjukkan bahwa adanyakaitan erat antara penggunaan konsep green marketing pada industri perhotelan danturisme. Penelitian ini juga menemukan bahwa variabel behaviour (baik konsumenmaupun pekerja) merupakan variabel yang paling sering diteliti pada konsep greenmarketing. Disamping itu, penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapankonsep green marketing, konsumen rela untuk membayar sebuah produk (baik barangmaupun jasa) lebih mahal atau tidak mengambil insentif ekonomi dari transaksitersebut, selama mereka merasa diuntungkan secara sosial dan lingkungan. ABSTRACT This study aims to analyze the mapping the research of green marketingconcept from definition, research variable, the research cases, methods, and findingsthat based on a traditional literature review on 22 scientific journal article from onlinecentral data, Elsevier during the first semester of 2013 until recent (first semester of2014). The findings of this study are the hospitality and tourism industry are the moststudied case in green marketing concept, it shows a huge connection between theindustries and green marketing concept. This study also found that the most usedvariable is behavior (either from the customer and the employee) in this conceptresearch. On the side of that, this literature review also shows that with theimplementation of green marketing concept, the customer agree to pay higher amountof money to pay a product (either goods or services) or not taking the economyincentives from a transaction as long as they have the profit socially and for theenvironment. |
![]()
|
No. Panggil : | S56678 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ita rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xvii, 49 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S56678 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20392898 |