[Dengan pesatnya perkembangan internet di Indonesia, diiringi dengan makinpesatnya pertumbuhan e-commerce, sarana pendukung kegiatan jual-beli secaraonline juga mulai berkembang, salah satunya adalah alat pembayaran. Salah satudari alat pembayaran yang ada untuk e-commerce adalah uang elektronik (emoney).PT. XYZ sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidangpembayaran elektronis juga mencoba untuk terjun ke dalam bidang pembayaran ecommercedengan mengeluarkan produk uang elektronik. Uang elektronik yangdikembangkan PT. XYZ adalah alat pembayaran berbasis server.Namun setelah menjalankan bisnisnya selama setahun, jumlah nasabah dantransaksinya masih sangat jauh dari yang ditargetkan. Dengan menggunakanmetodologi yang dikembangkan oleh Dave Chaffey, penelitian ini berusaha untukmerumuskan strategi-strategi e-bisnis dan keputusan-keputusan strategis yangtepat agar produk uang elektronik PT. XYZ dapat bersaing dan mendapatkankeunggulan kompetitif jika dibandingkan dengan kompetitor sejenis dan produkpengganti lainnya. Terdapat tiga tahapan yang telah dijalankan pada penelitian ini,yaitu tahapan strategic analysis, strategic objectives, dan strategy definition.Sumber data yang digunakan pada penelitian ini meliputi: dokumen business planuang elektronik PT. XYZ, serta hasil wawancara dan diskusi dengan anggota timuang elektronik PT. XYZ. Hasil penelitian yang didapatkan kemudian diverifikasidan didiskusikan kembali oleh anggota tim dan disetujui bahwa strategi-strategi ebisnisyang dirumuskan telah sesuai dengan aspirasi para anggota tim. Hasilpenelitian ini diharapkan dapat memberikan arahan dari sudut pandang e-bisniskepada PT. XYZ dalam menjalankan bisnis uang elektroniknya dengan lebih baik., With the rapid development of internet in Indonesia, followed by the rapid growthof e-commerce, the supporting system for buying and selling online also growing,payment instrument is one of them. E-money is one of many available paymentinstruments for e-commerce transactions. PT. XYZ as one of the company thatengage in electronic payment business try to compete in providing paymentinstrument for e-commerce with issuing its own e-money product. The e-moneythat developed by PT. XYZ is server based.However after running for about a year, the number of customers and transactionsare far from the expected targets. Using the methodology developed by DaveChaffey, this study is trying to formulate right e-business strategies and keystrategic decisions for PT. XYZ’s e-money business in order to compete and gaincompetitive advantage compared to other similar competitors and other substituteproducts. There are three steps performed on this research: strategic analysis,strategic objectives, and strategy definition.Sources of data used in this study include: PT. XYZ’s electronic money businessplan document, and interviews and discussions with team members of PT. XYZ’selectronic money team. Research results obtained and discussed again laterverified by the team members and agreed that e-business strategies has beenformulated in accordance with the aspirations of the team members. The results ofthis study are expected to provide direction from the point of view of e-business toPT. XYZ of doing business with the electronic money.] |