:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Analisis manfaat ekonomis implementasi perangkat lunak eEnterprise Resource Planning (ERP) Oracle EBusiness Suite. Studi Kasus: PASI = Financial benefits analysis of software implementation of eEnterprise Resource Planning (ERP) Oracle E-Business Suite. Case Study: PASI

(Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

[Berkembangnya sistem informasi dan teknologi informasi (SI/TI) dalam waktu
yang cepat membuat perusahaan untuk saling berkompetisi dengan menggunakan
SI/TI. Bahkan SI/TI sudah menjadi inti dari perusahaan tersebut dalam
menjalankan bisnisnya (IT Enabler). Dengan memanfaatkan SI/TI, diharapkan
dapat membantu dalam pekerjaan, pemrosesan dan pengolahan data-data penting
serta pelayanan supaya perusahaan menjadi maju. Namun pemanfaatan SI/TI
tersebut juga membutuhkan nilai investasi yang besar. Investasi dalam bidang
Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (SI/TI) merupakan persoalan krusial di
setiap industri untuk mencapai keunggulan kompetitif. Salah satu tantangan dari
penyelarasan strategi bisnis perusahaan dengan strategi SI/TI perusahaan adalah
bagaimana cara suatu perusahaan dapat menerjemahkan manfaat bisnis dari
investasi SI/TI. Tiap-tiap manfaat bisnis tersebut memiliki risiko yang berbedabeda
dan organisasi dapat meminimalisir risiko yang mungkin terjadi.
Penelitian ini bertujuan untuk mencari pemetaan manfaat finansial dari
implementasi ERP Oracle Finance di PASI pada Departemen Finance Accounting
serta melakukan kuantifikasi dari manfaat-manfaat yang sudah dipetakan dan
mencari indikator risiko pada tiap-tiap manfaat yang dikuantifikasi. Metode yang
digunakan adalah Tabel Generik, System Dynamics dan menggunakan analisa
untuk mencari risiko potensial untuk mendapatkan indikator risikonya.
Hasil penelitian menunjukkan manfaat yang didapatkan dari implementasi Oracle
Finance adalah 3 manfaat dari subkategori Tabel Generik yang dikuantifikasi.
Tiga manfaat tersebut adalah mempercepat proses pembuatan laporan keuangan,
meningkatkan kualitas laporan, dan restrukturisasi pembagian fungsi kerja. Total
nilai manfaat dari 3 manfaat tersebut adalah sebesar Rp. 81.031.968.763; dimana
manfaat meningkatkan kualitas laporan memberikan nilai yang paling siginifikan.
Analisa potensi risiko menghasilkan indikator risiko seperti persentase tidak
adanya aktivitas kerja, kurangnya penempatan pegawai di posisi yang tidak
seharusnya, pergantian karyawan, proses transfer knowledge yang belum
dilakukan, ketidakmampuan karyawan dalam pemanfaatan teknologi, penentuan
KPI untuk setiap karyawan yang berhubungan langsung dengan operasional
sistem, hari penutupan transaksi, downtime jaringan, kemampuan kapasitas
jaringan dan kemampuan kerja server., The rapid development from information system and information technology
make organization compete each other by using information system and
information technology. Information system and technology already becomes the
core of that organization for running their business. By using IS/IT, can help the
tasks, process and data processing and service for the development of the
company. However, the use of IS/IT also requires a substantial investment value.
Investments in the field of Information Systems and Information Technology (IS /
IT) is a crucial issue in every industry to achieve competitive advantage. One of
the challenges of aligning business strategy with the corporate strategy companies
is how a company can translate the benefits of the investment IS/IT. Each
business benefits that have different risks and organizations can minimize the
risks that may occur.
This study aimed to explore the financial benefits of Oracle Finance ERP
implementation in PASI in Accounting and Finance Department and also quantify
of the benefits that have been mapped and look for indicators of risk in each of the
quantified benefits. The method used is Table Generic, System Dynamics and
using analysis to look for potential risk to get key risk indicators. The results show
the benefits obtained from the implementation of Oracle Finance are three
subcategories IS/IT Generic Table which are quantified. Three of these benefits
are to accelerate the financial reporting process, improve the quality of the report
and the restructuring of the division of labor function. The total values of the
benefits are Rp. 81.031.968.763; where the benefits of improving the quality of
reports provide the most significant value. Analysis of the potential risk of
generating risk indicators such as the percentage of absence of work activities,
lack of staffing in positions that are not supposed to, employee turnover, the
process of knowledge transfer that has not been done, the inability of employees
in the use of technology, the determination of KPI for each employee that is
directly related to the operational system, the closing of the transaction, network
downtime, the ability of network capacity and the ability to work server.]

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Iwan Herdian.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : TA-pdf
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2014
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xii, 99 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20392974