:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Peningkatan kesadaran akan dampak negatif dari merokok pada mahasiswi perokok

Karina Meriem Beru Brahmana; Hartanto Brotoharsojo, supervisor (Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Di zaman modern seperti sekarang perilaku merokok tidak hanva dilakukan oleh kaum pria saja namun juga oleh wanita termasuk mahasiswi. Pada saat ini penelitian mengenai perilaku merokok tersebut menemukan bahwa jumlah wanita dewasa dan remaja yang merokok mengalami peningkatan. Hal ini membuat banyak pihak baik pemerintah, LSM, maupun masyarakat sadar bahwa diperlukan berbagai macam tindakan untuk menanganinya, karena perilaku merokok dapat mengakibatkan dampak negatif pada tubuh. Dampak negatif dari merokok yang sering terjadi pada wanita adalah sebagai berikut: penurunan kesuburan, aborsi spontan, kelahiran prematur, menopause dini, jantung koroner, kanker leher dan rahim serta kematian.
Pada umumnya wanita yang merokok, termasuk mahasiswi sudah mengetahui dampak negatif yang dapat timbul dari merokok. Namun pada kenyataannya mereka tidak mempedulikannya karena dampak negatif tersebut tidak secara nyata mereka rasakan saat ini. Sebagai individu yang telah memasuki tahap dewasa muda, mahasiswi seharusnya sudah mampu berpikir dan bertindak dengan lebih bijaksana sebelum mengambil keputusan untuk merokok, terlebih lagi mereka pada umumnya sudah mampu berpikir kritis mengenai apa yang benar dan salah. Sehubungan dengan fenomena tersebut maka masalah yang muncul adalah mahasiswi dengan kemampuan intelektualnya seharusnya sadar akan resiko yang akan dihadapi dari perilaku merokoknya. Dengan demikian maka diperlukan cara-cara tertentu untuk meningkatkan kesadaran dalam did mahasiswi mengenai dampak negatif dari merokok.
Pada Tugas Akhir ini diajukan usulan untuk melakukan metode dengan pendekatan group psychotherapy namun difokuskan pada IDI (In Depth Interview) dan FGD (Focus Group Discussion). Dengan demikian penulis akan menyusun pedoman untuk IDI dan FGD dimana dalam pedoman tersebut berisi pertanyaan-pertanyaan yang dapat membantu mahasiswi menyadari dampak negatif yang dapat timbul dari perilaku merokok. Selain itu, penulis juga akan mengusulkan agar dalam kegiatan IDI dan FGD dibuat sesi dimana akan diperlihatkan gambar-gambar dampak negatif dari merokok, sehingga mahasiswi dapat mengetahui dampak tersebut secara nyata.

 File Digital: 1

Shelf
 T37989-Karina Meriem Beru Brahmana.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T37989
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2006
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : x, 78 pages ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T37989 15-21-609646814 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20394379