Hubungan antara tanggung jawab siswa dengan prestasi belajar siswa sd kelas 4 dan 5 peserta homeschooling = Relationship between student responsibilty with student achievement of homeschooling elementary school student grades 4 and 5 / Ambar Rahmagari
Ambar Rahmagari;
Eva Septiana, supervisor; Sri Fatmawati Mashoedi, examiner; Airin Y. Saleh, supervisor
(Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014)
|
ABSTRAK Penelitian ini mencoba untuk melihat dari adanya perbedaan yang ada antarasystem pada sekolah formal dengan sekolah informal apakah juga terdapat perbedaanprestasi belajf pada siswaii homeschooling jika dihubungan dengan tanggung jawabsiswali peserta homeschooling yang duduk di kelas tinggi (kelas 4 & 5) SekolahDasar denganj berdasarkan pada teori tanggung jawab Sukiat (1993) yang mencobamemahami is ilah tanggung jawab dalam dua konteks yang berbeda yaitu konteks"kepada" dan konteks "untuk". Konteks kepada yaitu individu mempertanggungjawabkan tingkah laku dan keputusannya kepada sesuatu di dalam dan di luardirinya, sedan~kan konteks untuk artinya individu memiliki kebebasan menentukansikap dan Piliiannya dan untuk menanggung konsekuensi dari penentuan sikap danpilihannya itu.1 Selanjutnya melihat dimensi-dimensi dari tanggung jawab siswa yangdikemukakan Sukiat (1993) dihubungkan dengan prestasi belajar siswa SO kelas 4Idan 5 peserta rr:': Prestasi belajar sendiri di peroleh melalui tes formatifdan sumatif yang diadakan secara berkala pada masing-masing homeschooling. ABSTRACT This research is to seek the relation between student responsibilty and homeschoolingstudent aChiefement within range grade 4-5 on elementary stage. Based on Sukiat(1993) who tried to define the term of responsibility in two different contect. The"who" contect and the "for" contect. More over student responsibility contect need tobe related to hrmeschooling student achievement (within 4-5 grade). Contect "who"has the meaning that people/student will responsiblility of all behavior dan decisionthey made to I omething inside and outside of themselves, meanwhile contect "for"has a meaning that people/student has had their freedom to made the decision of theirown choices. his research is quantitative with non-experimental design research.The result of this research is no significant correlation or there is no relationshipbetween stud1ent responsibility with student achievement of homeschoolingelementary sCiool student grades 4 and 5. Researcher suggest that need additionalqualitative questions for the next research. |
S57210-Ambar Rahmagari.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | S57210 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ita rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xii, 56 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S57210 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20402063 |