Model risiko pada model bisnis mobile refuelling unit mru untuk kendaraan berbahan bakar gas alam = Risk model on business model of mobile refuelling unit mru for natural gas vehicle
(Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014)
|
[Untuk mengurangi ketergantungan pada bahan bakar gas (BBM) di Indonesia,pemerintah mengeluarkan kebijakan diversifikasi energi yang salah satunyaadalah menggunakan gas alam atau compressed natural gas (CNG) di sektortransportasi. Program penggunaan CNG untuk sektor transpostasi mengalamibeberapa kendala meskipun program ini telah lama berlangsung. Salah satukendala tersebut adalah minimnya jumlah stasiun pengisian ulang bahan bakar gasatau SPBG di Indonesia. Minimnya jumlah SPBG ini disebabkan oleh sudahpadatnya pembangunan di area perkotaan sehingga sulit untuk mencari lahandengan lokasi yang strategis untuk pembangunan SPBG. Untuk mengatasikendala tersebut, Pemerintah meluncurkan infrastruktur mobile refueling unit atauMRU yang merupakan SPBG yang bersifat mobile atau dapat berpindah tempat.Mengingat pentingnya peran MRU untuk memajukan program penggunaan CNGuntuk sektor transportasi, diperlukan manajemen risiko pada proyek pengadaandan pengoperasian MRU agar risiko-risiko yang ada dapat diminimalisir efeknya.Penelitian ini mengidentifikasi dan menganalisis risiko-risiko yang mungkinterjadi pada proyek pengadaan MRU di DKI Jakarta secara kualitatif dankuantitatif untuk mengetahui dampak dari risiko menggunakan metode ProjectRisk Management. Hasil dari penelitian ini adalah risiko yang terangkum dalamRisk Register, nilai Value-at-Risk (VaR) dari risiko kategori tinggi atas parameterkelayakan proyek (NPV dan IRR), serta perencanaan respon risiko terhadap risikodengan kategori yang tinggi. Penelitian ini diharapkan dapat menjadipertimbangan atau referensi dalam memitigasi risiko khususnya pada proyekproyekmengenai stasiun pengisian ulang bahan bakar gas., In order to reduce the dependency on fossil fuel in Indonesia, the governmentissued an energy diversification policy, where one of the policy is to usecompressed natural gas (CNG) in the transportation sector. The CNG fortransportation program has meet a couple obstacles although the program hasbeen running for a long time. One of the obstacle is the lack of CNG refuellingstation in Indonesia. The small number of CNG refuelling station is caused by thesaturated development in the city area that makes it difficult in finding an areawith a strategic location for a CNG refuelling station. To solve this problem, thegovernment launches a Mobile Refuelling Unit or MRU, a CNG refuelling stationthat can be moved or mobile. Because the MRU is an important factor to improvethe CNG for transportation program, there is a need for a risk management in thisinfrastructure so the effect of the risks associated with MRU can be minimised.This research identify and analyse possible risks that can occur in the MRUproject in Jakarta using Project Risk Management method. The result of thisresearch is a database of the risks in a Risk Register, Value-at-Risk value of therisk with high impact on the project’s financial feasibility parameter (NPV andIRR), and a risk responses planning of the risks with high impact. Hopefully, thisresearch can be a reference or consideration in mitigating or managing riskespecially on project about gas refuelling station.] |
![]()
|
No. Panggil : | S57233 |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | |
Tipe Konten : | |
Tipe Media : | |
Tipe Carrier : | |
Deskripsi Fisik : | xiv, 64 hlm. : il. ; 28 cm. + lamp. |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S57233 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20402240 |