Pengembangan model berbasis agen untuk transisi pengguna bahan bakar minyak ke gas di DKI Jakarta = Agent based modeling for consumer conversion from oil based to gas based fuel in DKI Jakarta
(Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014)
|
[Dalam rangka mencapai kesuksesan diversifikasi energi Indonesia, Pemerintahmengeluarkan sejumlah kebijakan yang mendorong intensifikasi programkonversi masyarakat dari bahan bakar minyak ke bahan bakar gas. Ketidaksiapandan resistansi masyarakat Indonesia untuk melakukan konversi dari bahan bakarminyak ke bahan bakar gas menjadi isu utama yang dicoba dijawab dalampenelitian ini, sebuah area penelitian yang belum pernah diteliti sebelumnya diIndonesia. Penelitian ini memodelkan perilaku pengambilan keputusanmasyarakat untuk melakukan konversi energi dengan berdasar pada atribut sosioekonomisdan demografis serta pertimbangan-pertimbangan lain yangmempengaruhi keputusan masyarakat di DKI Jakarta, menggunakan konsepTheory of Planned Behavior yang dikemukakan Ajzen (1991) sebagai elemenpendorong pembentukan perilaku masyarakat. Hasil yang didapatkan daripenelitian ini adalah sebuah model, yang dapat digunakan untuk merancangkebijakan diversifikasi energi yang ideal dalam mendorong terjadinya konversidan penggunaan bahan bakar gas. Model ini menemukan bahwa rekomendasi darilingkungan adalah faktor kunci dalam pengambilan keputusan sesuai dengan BassDiffusion Model (Bass, 1969), dimana semakin banyaknya rekomendasi makaakan semakin cepat proses konversi bahan bakar yang terjadi dalam masyarakat., In order to achieve successful energy diversification, Indonesian Government hasinstituted several policies to enhance consumer conversion from oil-based fuel togas-based fuel. Market resistance to perform the conversion is the main issue thisresearch attempt to unravel, an area of study no one has ever tapped before. Thisresearch aim to develop a model for consumer in DKI Jakarta decision makingbehavior related to energy conversion, based on their socio-economic anddemographic attributes as well as specific influencing considerations, using theTheory of Planned Behavior explained by Ajzen (1991) as the driver of consumerbehavior formation. The result of this study is a model which can be furtherutilised to design an ideal energy diversification related policy and enhanceconsumer conversion from oil to gas based fuel. The model reveals that word ofmouth recommendation plays a significant role in decision making behaviour, aspreviously explained in Bass Diffusion Model (Bass, 1969), where theconversion process for oil to gas based fuel will increase faster with higher degreeof word of mouth recommendation found in the market.] |
S57212-Kezia Saraswati.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | S57212 |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | |
Tipe Konten : | |
Tipe Media : | |
Tipe Carrier : | |
Deskripsi Fisik : | xii, 57 hlm. : il. ; 28 cm. + lamp. |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S57212 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20402244 |