Perbedaan dimensi perilaku kepemimpinan pada karyawan generasi x dan generasi y = Differences on dimension of leadership behavior in generation x and generation y employee
(Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014)
|
[Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan dimensi perilakukepemimpinan pada Generasi X dan Generasi Y. Turnover yang tinggi antara GenerasiY menjadi masalah serius bagi perusahaan. Penyebab Generasi Y keluar dariperusahaan seringkali karena adanya harapan yang berbeda terhadap perilakukepemimpinan dibandingkan dengan rekan generasi yang berbeda yaitu Generasi X(Schawbel, 2011). Perusahaan dan atasan perlu menetapkan strategi baru untukmengelola Generasi Y karena mereka berbeda dengan generasi sebelumnya. Penelitianmenunjukkan bahwa kepemimpinan penting untuk mempertahankan Generasi Y ditempat kerja. Perilaku kepemimpinan menjadi hal relevan untuk mengurangi angkaturnover dan dapat mencapai keberhasilan organisasi (Northouse, 2001). Perilakukepemimpinan adalah tingkah laku atau tindakan atasan dalam membangun danmembimbing tim atau bawahan yang berbakat dan berkomitmen dalam mencapaitujuan yang penuh tantangan. Responden penelitian berjumlah 303 mengisi LeadeshipPractice Inventory (Generasi X berjumlah 106 dan Generasi Y berjumlah 197).Leadership Practice Inventory terdiri dari 5 dimensi yaitu model the way, inspire ashared vision, challenge the process, enable others to act, dan encourage the heart.Analisis dengan menggunakan independent sample t-test menunjukkan bahwa terdapatperbedaan yang signifikan diantara kedua generasi pada dimensi enable others to act(p=0.015) dan encourage the heart(p=0.002), dan tidak terdapat perbedaan yangsignifikan pada dimensi model the way, inspire a shared vision, dan challenge theprocess., This study aims to determine differences in the dimensions of leadership behaviorbetween Generation X and Generation Y. The high Generation Y turnover has becomea serious problem for companies. Most of the time Generation Y leaving companies isdue to the different expectations of leadership behavior compared to their generationcounterparts (Schawbel , 2011). Companies and the leaders need to define a newstrategy to manage Generation Ys differently from they way they manage GenerationXs. Research shows that leadership behavior is important to maintain Generation Y inthe workplace. Leadership behavior becomes relevant to reduce turnover and canachieve organizational success (Northouse, 2001). Leadership behavior is defined asbehavior or actions in establishing and guiding team or subordinate team that aretalented and committed in achieving challenging goals. 303 subject filled out LPI (106Generation Xs and 197 for Generation Ys) filled out the Leadership Practice Inventory(LPI). LPI consists of five dimensions; model the way, inspire a shared vision,challenge the process, enable other to act, and encourage the heart. Independent samplet-test showed significant differences between the two generations in dimensions ofenable others to act (p=0.015) and encourage the heart (p=0.002), and no significantdifferences in the five dimensions of model the way, inspire a shared vision, challengethe process] |
S57230-Nisa Ul Husna.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | S57230 |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | |
Tipe Konten : | |
Tipe Media : | |
Tipe Carrier : | |
Deskripsi Fisik : | xiii, 55 hlm. : il. ; 28 cm. + lamp. |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S57230 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20402318 |