Analisis kualitas pelayanan kesehatan untuk masyarakat miskin di Rumah Sakit Umum daerah Wates Kabupaten Kulon Progo berdasarkan persepsi pasien rawat inap = analysis of health service quality for the poor people in Wates Local Hospital Kulon Progo regency based on overnight medical patient perception
(Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014)
|
[Pelayanan Kesehatan merupakan kebutuhan bagi seluruh masyarakat. Untuk itupemerintah wajib menyediakan pelayanan kesehatan bagi seluruh lapisan masyarakat.Selain karena pelayanan kesehatan merupakan salah satu pelayanan pokok yang harusdisediakan oleh pemerintah, pelayanan kesehatan juga dapat mempengaruhi tingkatproduktivitas dan kesejahteraan masyarakat. Sayangnya selama ini sering terjadidiskriminasi pada masyarakat miskin dalam pelayanan kesehatan. Penelitian inibertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan kesehatan untuk masyarakat miskindi RSUD Wates berdasarkan persepsi pasien rawat inap. Penelitian ini menggunakanpendekatan kuantitatif. Teori yang digunakan untuk menganalisis kualitas pelayanankesehatan adalah teori pelayanan kesehatan dari John Ovretveit dengan menggunakandimensi persepsi pasien. Dalam dimensi tersebut terdapat 3 indikator, yaitu input,proses, dan output. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhandimensi kualitas pelayanan kesehatan berdasarkan persepsi pasien memperolehpenilaian sedang. Permasalahan utama yang menjadi kendala rumah sakit tersebutadalah banyaknya jumlah pasien yang datang, tidak sebanding dengan sarana yangtersedia., Health Service is a necessity for the whole society. The government is required toprovide health care for all citizens. Beside the health care is one of the essentialservices that must be provided by the government, health service may also affect thelevel of productivity and prosperity. Unfortunately, it often occurs during poordiscrimination in health service. This study aims to analyze the quality of healthservices for the poor in Wates hospitals based on the perception of hospitalizedpatients. This study uses a quantitative approach. The theory used to analyze thequality of health care is the theory of John Ovretveit health service using patientperception dimensions. In these dimension there are three indicators, namely input,process and output. The results of this study shows that the overall dimensions ofhealth care quality assessment is based on the perception of the patient gain medium.The main problems are the constraints of the hospital is the large number of patientswho come in, not comparable with the means available] |
S58665-Awid Setyohutomo.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | S58665 |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | |
Tipe Konten : | |
Tipe Media : | |
Tipe Carrier : | |
Deskripsi Fisik : | xvii, 131 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp. |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S58665 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20402340 |