Kegiatan belajar mengajar di Bimbel sebagai proses pertukaran sosial studi kasus pada Bimbel Salemba Group = teaching and learning activities in tutoring agency as a social exchange process a case Study in Salemba Group tutoring agency
(Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014)
|
[Skripsi ini membahas mengenai kemunculan lembaga bimbel yang hadir sebagaialternatif baru bagi para siswa sekolah untuk membantu beban sekolah mereka.Proses kegiatan belajar mengajar yang terjadi di dalam bimbel memungkinkanterjadinya pertukaran sosial melalui interaksi sosial yang terjadi. Melalui interaksitersebut, proses typing, labelling dan self-fulfilling prophecy merupakan hal yangtidak dapat terhindarkan. Skripsi ini berusaha melihat bagaimana prosespertukaran sosial yang terjadi dalam kegiatan belajar mengajar bimbelmemberikan pengaruh terhadap proses pembelajaran siswa SMA. Penelitian inimenggunakan metode kualitatif, menggunakan teknik wawancara mendalam danobservasi partisipatoris sebagai teknik pengumpulan datanya. Informan penelitianini berjumlah lima orang yang terdiri dari dua orang pengajar bimbel, dua orangsiswa bimbel dan satu orang ketua yayasan lembaga bimbel. Hasil dari penelitianini sendiri menunjukkan bahwa proses kegiatan belajar mengajar di bimbelmemberikan pengaruh yang cukup positif bagi proses pembelajaran siswa SMA,walaupun tidak menjamin keberhasilan pencapaian studi siswa SMA itu sendiri., This study discusses the increasing appearances of tutoring agencies as a newalternative for school students in getting help with their school workload. Thelearning process activities in tutoring agency allows the social exchange in themiddle of social interaction between teacher and student. Through theseinteraction, the typing, labelling and self-fulfilling prophecy are inevitable. Thisthesis discusses how the social exchange process in tutoring agency affects thelearning process of high school students who join the class in Salemba Group.This study used a qualitative method approach, with in-depth interview andobservation in gathering data. There were five informants participating in thisstudy: two tutoring agency teachers, two tutoring agency students, and theChairman of said tutoring agency. The result of this study showed that the socialexchange process which happen in Salemba Group gives positive effect to highschool student learning process, but not guarantee their achievement in academicaspect.] |
S58086-Andhika Ajie Baskoro.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | S58086 |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | |
Tipe Konten : | |
Tipe Media : | |
Tipe Carrier : | |
Deskripsi Fisik : | xviii, 103 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp. |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S58086 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20402474 |