Analisis yuridis pengaturan hukum persaingan usaha dalam Industri Pelabuhan di Indonesia ditinjau dari undang undang nomor 17 tahun 2008 tentang pelayaran = yuridical analysis on law governing business competition practice in law republic of indonesia number 17 year 2008 in the case of Port Industry Indonesia
(Universitas Indonesia, 2014)
|
[Skripsi ini membahas tentang persaingan usaha dalam industri pelabuhan.Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran ini membuka peluangbagi sektor swasta untuk turut serta dalam pengusahaan kegiatan kepelabuhanyang sebelumnya industri ini berdasarkan Undang-Undang Nomor 21 Tahun1992 tentang Pelayaran dimonopoli oleh PT (Persero) Pelabuhan Indonesia.Persaingan usaha dalam industri pelabuhan, antara lain: persaingan antarpelabuhan, persaingan antar operator terminal dalam satu pelabuhan danpersaingan antar operator dalam satu terminal. Namun demikian, industri inisering kali menjadi subjek dari Undang-Undang No. 5 Tahun 1999 oleh KomisiPengawas Persaingan Usaha. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa industripelabuhan memiliki karakterisik monopoli alamiah yang mana didalamnyaterdapat natural barrier to entry untuk dapat masuk dalam industri ini sehinggaseharusnya mendapat pengecualian dari hukum persaingan usaha di Indonesia.Penulisan ini menggunakan metode penelitian yuridis normatif di mana datapenelitian ini sebagian besar dari studi kepustakaan., This thesis foccused on business competition of port industry. Law Republic ofIndonesia Number 17 Year 2008 concerning Shipping allows private sector totake part in port industry, in which prior to this law such practice is prohibittedand port building is monopolized by PT (Persero) Pelabuhan Indonesia which waslegitimized through Law Republic of Indonesia Number 21 Year 1992 concerningShipping. Business competition in port industry includes competition betweenports, operators terminal in the same port and operators on those terminal. Yet, theissue in regards to port industry is subjected to Law Republic of IndonesiaNumber 5 Year 1999 by Business Competition Supervisory Commission (KPPU).This thesis will provide analysis that proves port industry has natural monopolycharacter that should be given exemption from such law, due to its natural barrierto entry. This thesis used a normative juridical study in which data are mostlytaken from the literature.] |
S58357-Shita Komala Sari.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | S58357 |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Universitas Indonesia, 2014 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | |
Tipe Konten : | |
Tipe Media : | |
Tipe Carrier : | |
Deskripsi Fisik : | xii, 107 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp. |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S58357 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20402529 |