Hubungan parenting style authoritative authoritarian dan permissive dan persepsi orangtua mengenai regulasi emosi pada anak usia prasekolah = The relationship between parenting style authoritative authoritarian and permissive and parent s perception about emotion regulation in preschool aged children / Rizqina Permatasari Ardiwijaya
(Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014)
|
[Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran mengenai hubungan antara Parenting Style (Authoritative, Authoritarian dan Permissive) dan persepsi orangtua mengenai regulasi emosi pada anak usia prasekolah. Parenting Styles orangtua diukur menggunakan Parenting Styles and Dimensions Questionnaire-Short Form (PSDQ; Robinson, Mandleco, Olsen, & Hart, 2001) dan persepsi orangtua mengenai emosi regulasi anak dengan menggunakan The EmotionRegulation Checklis (ERC; Shields & Cicchetti, 1997). Partisipan yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 154 orangtua yang memiliki anak usia prasekolah di daerah Jabodetabek. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara parenting style authoritative orangtua dan regulasi emosi anak usia prasekolah. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan korelasi yang negatif antara kedua parenting style authoritarian dan permissivedan regulasi emosi anak usia prasekolah., The aim of this research is to examine whether there is relationship betweenparenting style (Authoritative, Authoritarian, and Permissive) and parent’sperception about emotion regulation in preschool aged-children. Parenting styleswas measured using Parenting Styles and Dimensions Questionnaire-Short Form(PSDQ; Robinson, Mandleco, Olsen, & Hart, 2001) and parent’s perseption aboutemotional regulation in children was measured using The Emotion RegulationChecklist (ERC; Shields & Cicchetti, 1997). The respondents in this researchwere 154 parents who have preschool aged-children living in Jabodetabek. Theresults show that there is a significant relationship between authoritative parentingstyles and emotional regulation in preschool aged-children, and negativecorrelation between both authoritarian and permissive parenting styles andemotion regulation in preschool aged-children.] |
![]()
|
No. Panggil : | S58528 |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | |
Tipe Konten : | |
Tipe Media : | |
Tipe Carrier : | |
Deskripsi Fisik : | xiv, 51 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp. |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S58528 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20402597 |