:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Hubungan antara dimensi metakognisi dan dimensi creative self efficacy pada Guru Sekolah Dasar SD = relationship between dimension of metacognition and dimension of creative self efficacy among Elementary Teacher

(Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

[Penelitian ini dilakukan untuk melihat hubungan antara dimensi metakognisi dan
dimensi creative self-efficacy (CSE) pada guru sekolah dasar (SD). Metakognisi
didefinisikan sebagai kesadaran individu terhadap proses kognitif dan afektif yang
terjadi pada dirinya, serta kemampuan individu dalam meregulasi setiap proses
tersebut untuk mencapai sebuah tujuan tertentu (Flavell, 1979). CSE merupakan
keyakinan terhadap keadaan individu mengenai kemampuan dirinya untuk melakukan
tugas spesifik, yang membutuhkan produksi solusi-solusi baru, orisinal, dan sesuai
(Abbott, 2010). Penelitian ini memiliki hipotesis bahwa metakognisi memiliki
korelasi yang signifikan terhadap CSE. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian
terhadap 93 guru sekolah dasar (SD). Alat ukur metakognisi yang digunakan adalah
Metacognitive Awareness Inventory for Teacher (MAIT) (Balcikanli, 2011),
sedangkan alat ukur CSE yang adalah Revised Model Creative Thinking Self-Efficacy
(CTSE) II & Creative Performance Self-Efficacy (CPSE) II Inventories (Abbott,
2010). Melalui teknik statistik Pearson Correlation, ditemukan hubungan yang
positif dan signifikan antara masing-masing dimensi dari metakognisi, yaitu
metacognitive knowledge dan metacognitive regulation dengan dimensi dari CSE,
yaitu CTSE dan CPSE. Berdasarkan hasil temuan tersebut, peneliti menyarankan
kepada para guru untuk memerhatikan kemampuan metakognisi yang terjadi saat
mengajar di dalam kelas, juga bagi pihak sekolah untuk memberikan pelatihan
kepada para guru mengenai strategi pembelajaran tertentu guna meningkatkan
keyakinan diri dalam mengekspresikan kreativitas di kelas., This research was conducted to find the relationship between dimension
metacognition and dimension creative self-efficacy (CSE) among elementary teacher.
Metacognition is defined as awareness of one’s knowledge, concerning one’s own
cognitive processes and affective states, and the ability to consciously deliberately
monitor and regulates on which they bear, usually in the service of some concrete
goals or objectives (Flavell, 1979). Meanwhile, CSE is an individual’s state-like
belief in his or her own ability to perform the specific tasks required to produce
novel, original, and appropriate solutions (Abbott, 2010). This study hypothesized
that metacognition correlates significantly with CSE. There are 103 elementary
teacher participated in this study. Metacognition is measured with Metacognitive
Awareness Inventory for Teacher (MAIT) (Balcikanli, 2011), and CSE is measured
with Revised Model Creative Thinking Self-Efficacy (CTSE) II & Creative
Performance Self-Efficacy (CPSE) II Inventories (Abbott, 2010). The Pearson
Correlation indicates that each dimension of metacognition, consist of metacognitive
knowledge and metacognitive regulation is correlates positively and significantly
with each dimension of CSE: CTSE and CPSE. Therefore, it is suggested that
elementary teachers should know more about their own metacognition, specifically
while they’re teaching in a class. In the other side, The Elementary school ought to
held an intervention such a training to improve teachers skill of metacognition.]

 File Digital: 1

Shelf
 S58640-Firdha Novha Nur Hassanah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S58640
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiv, 70 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S58640 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20402644