[Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh isi pesan peringatan kematian atau harga diripada bungkus rokok pada sikap terhadap perilaku merokok berdasarkan Terror ManagementHealth Model. Bila harga diri relevan dengan perilaku merokok yang dimiliki individu makasikap terhadap perilaku merokok menjadi positif ketika diberikan peringatan kematian dansebaliknya ketika diberikan peringatan harga diri. Penelitian ini memiliki desain 3 (bentukperingatan: tulisan vs gambar vs gambar dan tulisan) x 2 (isi pesan peringatan: kematian vs hargadiri). Partisipan (N = 175) diberikan kotak rokok dengan peringatan merokok berbentuk tulisan,gambar atau gambar dan tulisan kemudian mengisi kuesioner sikap terhadap perilaku merokok.Efek moderasi dari relevansi harga diri dengan perilaku merokok diukur menggunakan Smokingas Relevant to Self-Esteem yang dikembangkan oleh Hansen, dkk.(2010). Hasil penelitianmenunjukkan bahwa partisipan dalam kelompok peringatan kematian memiliki skor nilai sikapyang lebih tinggi secara signifikan, dibandingkan kelompok peringatan harga diri, F(1, 169)=10,369; p<0,05; ω =0,227 namun tidak dimoderasi relevansi harga diri dengan perilaku merokok,b= 0,097, 95% CI [-0,361, 0,229] t = 1,44; p = 0,153. Disimpulkan bahwa peringatan bahayamerokok kematian membuat sikap terhadap perilaku merokok menjadi lebih positif namun tidakdimoderasi oleh relevansi harga diri dengan perilaku merokok., The objective of this study was to determine the effect of the death-related or self-esteem-relatedmessage content of the cigarettes on-pack warning to the attitudes toward smoking using theTerror Management Theory Health Model. If one’s self-esteem is relevant to his smokingbehavior then his attitudes toward smoking will be more positive when given the death-relatedwarnings and vice versa when given the self-esteem related warnings. The design of this study is3 (type of the warnings: text vs picture vs text and picture) X 2 (message content: death vs selfesteem).Participants (N=175) were given cigarette packs with text or picture or text and picturewarnings on them and then filled out the attitudes toward smoking measurement. The moderationeffect of relevancy of self-esteem to smoking behaviour was measured using Smoking asRelevant to Self-esteem conducted by Hansen, et.al. (2010). Results show that participants on thedeath-related warnings have significantly higher score of attitudes toward smoking than selfesteem-related warnings, F(1, 169)= 10,369; p<0,05; ω =0,227, although it wasn’t moderated bythe relevancy of the self-esteem to the smoking behavior b= 0,097, 95% CI [-0,361, 0,229] t =1,44; p = 0,153. In conclusion, death-related warnings make attitudes toward smoking be morepositive but the relationship wasn’t moderated by the relevancy of the self-esteem to the smokingbehaviour] |