:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Ketika peringatan kematian lebih mendorong Anda untuk merokok dibandingkan peringatan harga diri = when death related warnings encourage you to smoke more than self esteem related warnings do

(Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

[Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh isi pesan peringatan kematian atau harga diri
pada bungkus rokok pada sikap terhadap perilaku merokok berdasarkan Terror Management
Health Model. Bila harga diri relevan dengan perilaku merokok yang dimiliki individu maka
sikap terhadap perilaku merokok menjadi positif ketika diberikan peringatan kematian dan
sebaliknya ketika diberikan peringatan harga diri. Penelitian ini memiliki desain 3 (bentuk
peringatan: tulisan vs gambar vs gambar dan tulisan) x 2 (isi pesan peringatan: kematian vs harga
diri). Partisipan (N = 175) diberikan kotak rokok dengan peringatan merokok berbentuk tulisan,
gambar atau gambar dan tulisan kemudian mengisi kuesioner sikap terhadap perilaku merokok.
Efek moderasi dari relevansi harga diri dengan perilaku merokok diukur menggunakan Smoking
as Relevant to Self-Esteem yang dikembangkan oleh Hansen, dkk.(2010). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa partisipan dalam kelompok peringatan kematian memiliki skor nilai sikap
yang lebih tinggi secara signifikan, dibandingkan kelompok peringatan harga diri, F(1, 169)=
10,369; p<0,05; ω =0,227 namun tidak dimoderasi relevansi harga diri dengan perilaku merokok,
b= 0,097, 95% CI [-0,361, 0,229] t = 1,44; p = 0,153. Disimpulkan bahwa peringatan bahaya
merokok kematian membuat sikap terhadap perilaku merokok menjadi lebih positif namun tidak
dimoderasi oleh relevansi harga diri dengan perilaku merokok., The objective of this study was to determine the effect of the death-related or self-esteem-related
message content of the cigarettes on-pack warning to the attitudes toward smoking using the
Terror Management Theory Health Model. If one’s self-esteem is relevant to his smoking
behavior then his attitudes toward smoking will be more positive when given the death-related
warnings and vice versa when given the self-esteem related warnings. The design of this study is
3 (type of the warnings: text vs picture vs text and picture) X 2 (message content: death vs selfesteem).
Participants (N=175) were given cigarette packs with text or picture or text and picture
warnings on them and then filled out the attitudes toward smoking measurement. The moderation
effect of relevancy of self-esteem to smoking behaviour was measured using Smoking as
Relevant to Self-esteem conducted by Hansen, et.al. (2010). Results show that participants on the
death-related warnings have significantly higher score of attitudes toward smoking than selfesteem-
related warnings, F(1, 169)= 10,369; p<0,05; ω =0,227, although it wasn’t moderated by
the relevancy of the self-esteem to the smoking behavior b= 0,097, 95% CI [-0,361, 0,229] t =
1,44; p = 0,153. In conclusion, death-related warnings make attitudes toward smoking be more
positive but the relationship wasn’t moderated by the relevancy of the self-esteem to the smoking
behaviour]

 File Digital: 1

Shelf
 S58341-Wada Anzilah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S58341
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xvi, 80 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S58341 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20402688