Analisis biaya operasional PT Garuda Indonesia persero tbk melalui pendekatan target costing dengan basis time driven activity based costing dalam upaya peningkatan profitabilitas = analysis of operating cost in PT Garuda Indonesia persero tbk through target costing approach that based on time driven activity based costing in attempt to improve profitability
(Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014)
|
[Penelitian ini berawal dari dari permasalahan yang timbul dari adanya penurunanprofitabilitas PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. secara signifikan di tahun 2013mencapai 89,89%. Disaat yang bersamaan, pendapatan perusahaan justrumengalami peningkatan sebesar 7%. Penelitian akan ditujukan untuk menganalisisfaktor-faktor yang menyebabkan terjadinya penurunan signifikan profitabilitasperusahaan, mengingat profitabilitas sangat erat kaitannya dengankeberlangsungan bisnis. Hasil analisis menunjukkan bahwa penyebab utamapenurunan profitabilitas adalah karena adanya peningkatan beban operasionalmencapai 10,75%, yang secara nominal jauh melebihi pendapatannya.Peningkatan ini terutama berasal dari beban bahan bakar (fuel costs) yangmengambil proporsi sekitar 40% dari total biaya, dan beban operasionalpenerbangan dengan proporsi 25% dari total biaya. Adanya kenaikan beban bahanbahan bakar terutama disebabkan oleh peningkatan blockhours yang signifikansebesar 23,8% karena di tahun 2013 harga avtur cenderung turun. Kenaikanpresentase pendapatan yang tidak sebanding dengan biaya operasional, terutamadisebabkan oleh pembentukan harga yang tidak mencerminkan biaya akibatkurang efektifnya pengalokasian biaya ke dalam biaya per unit. Atas kurangefektifnya sistem alokasi biaya, maka direkomendasikan pengaplikasianpendekatan target costing yang didasarkan pada metode Time-Driven Activity-Based Costing (TDABC). Melalui pendekatan ini, didapatkan hasil bahwapengalokasian biaya per unit lebih mencerminkan komposisi biaya yangsebenarnya., This study originated from the problems arising from significant decrease of PTGaruda Indonesia (Persero) Tbk profitability in 2013 reached 89.89%. At thesame time, the company's revenues have increased by 7%. The research will bedevoted to analyze the factors that cause a significant decrease in the profitabilityof the company, since profitability is closely associated with going concern of thebusiness. The analysis showed that the main cause of the decline in profitabilitywas due to an increase in operating expenses reached 10.75%, which nominaly farexceeds the income. This increase is mainly derived from the fuel costs whichtook the proportion of about 40% of the total cost, and the cost of operatingexpenses with the proportion of 25% of the total cost. An increase in the burden offuels mainly due to a significant increase in blockhours 23.8% and jet fuel pricestend to fall in 2013 until 2014. The increase in the percentage of income that is notcomparable to the operating costs, mainly due to the formation of prices that donot reflect the actual costs due to lack of effective allocation of costs to the costper unit. Over the lack of effective cost allocation system, it is recommended touse the application of target costing approach based of Time-Driven Activity-Based Costing (TDABC) method. Through this approach, it is showed that th] |
S57777-Luh Cinthia Fatma Dewi.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | S57777 |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014 |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | |
Tipe Konten : | |
Tipe Media : | |
Tipe Carrier : | |
Deskripsi Fisik : | xvi, 109 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp. |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S57777 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20402791 |