:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Perancangan ulang website Fakultas Teknik Universitas Indonesia dengan metode fuzzy delphi dan fuzzy cognitive maps = Website redesign of engineering Faculty in University of Indonesia using fuzzy delphi method and fuzzy cognitive maps

Agasi Mualim; Amalia Suzianti, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

Penggunaan website saat ini sudah menjadi bagian esensial dalam melakukan proses bisnis. Namun kurangnya perhatian perancang mengenai penggunaan metodologi dalam pengembangan website mengakibatkan kualitas dari website menjadi tidak sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Akibatnya, tingkat usability dari website yang ada tidak mampu menarik banyak kunjungan. Sebagai bahan studi kasus, penulis menggunakan website yang dimiliki oleh Fakultas Teknik di Universitas Indonesia. Untuk meningkatkan usability dari website Fakultas Teknik Universitas Indonesia, dilakukan penelitian untuk merancang ulang website tersebut dengan menggunakan metode Fuzzy Delphi untuk menentukan penggunaan tipe media bagi masing-masing konten yang disediakan di website serta menentukan tata letak dari masing-masing konten pada setiap halaman web. Selain itu digunakan juga Metode Fuzzy Cognitive Maps untuk memodelkan hubungan dari konten yang disediakan dengan tipe media yag diajukan. Penelitian ini menghasilkan rancangan purnarupa dari 12 halaman web untuk website Fakultas Teknik Universitas Indonesia dan dengan jumlah total sebanyak 36 konten disediakan untuk dapat memberikan informasi yang sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Utilizing website in business process has become essential. But lot of web designer have no respect of using methodology in developing a website causes the quality that website do not meet the needs of its users. On the other hand, usability level of the website could not attract a lot of visitation from any user. On this paper, researcher using Engineering Faculty in University of Indonesia?s website to be studied. To increase the usability of this website, research conducted by redesign the website using Fuzzy Delphi Method to determine the media type to presenting each service and also to determine the services layout of each web page. In addition, this research also uses Fuzzy Cognitive Maps to models the interrelationship between each services and media type. Resulting the prototype of 12 web page for website owned by Engineering Faculty in University of Indonesia with total 36 services provided in this website to gives an optimal information for the users.

 File Digital: 1

Shelf
 S57974-Agasi Mualim.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S57974
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiv, 53 hlm. : ill., ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S57974 14-19-782494796 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20402989