:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Perencanaan alat keselamatan dan sistem pemadam kebakaran pada kapal alumunium Ro-Ro Passenger 1000 Pax berdasarkan peraturan pemerintah bendera Indonesia = Safety and fire fighting plan for alumunium Ro-Ro 1000 Pax based on government regulations

Ani Novia; Mukti Wibowo, supervisor; Agus Sunjarianto Pamitran, examiner; Sunaryo, supervisor; Talahatu, Marcus Alberth, examiner; Hadi Tresno Wibowo, examiner; Yanuar, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015)

 Abstrak

Transportasi laut merupakan salah satu pilihan pengiriman barang dalam jumlah yang besar dengan biaya yang murah. Saat ini akses transportasi dari Jakarta ke Jawa Tengah dan Jawa Timur masih melalui transportasi darat jalur Pantura dan Selatan. Kapal jenis katamaran yang berbahan dasar alumunium menjadi pilihan bagi yang menginginkan kenyamanan dan keselamatan. Pada skripsi ini, penulis menganalisis kelayakan keselamatan dan pemadam kebakaran pada kapal katamaran 1000 pax yang datar berbahan dasar alumunium sebagai pilihan baru untuk transportasi dari Jakarta ke Jawa Tengah dan Jawa Timur. Perancangan kapal yang tanpa menyertakan rencana alat keselamatan dan pemadam kebakaran tidak akan mendapatkan izin dan sertifikat untuk beroperasi. Karena sifatnya penting, maka dibutuhkan spesifikasi alat keselamatan dan pemadam kebakaran yang berbeda-beda pada setiap kapal yang diatur dalam SOLAS dibawah pengawasan International Maritime Organization (IMO).

Sea transportation is one of alternative to dispatch in large numbers with a low cost. Currently access from Jakarta to Central Java and East Java is still using landline transportation through North and South lane. Catamaran with alumunium based hull is a choice for those who want safety and convenience. In this project, author analyzed safety and fire fighting equipment of 1000 pax catamaran with alumunium based hull as a new option for leisure transportation from Jakarta to Central and East Java. Ship designed without safety and fire plan will ended by not given approval and sertificate by government then the ship can't be operated. Because of this importance, there are differences spesification of safety and fire fighting equipment for each ship, based on dimension and type of ship which is set by SOLAS, under licensed by International Maritime Organization (IMO).

 File Digital: 1

Shelf
 S58064-Ani Novia.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S58064
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; Computer (rdadontent)
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : 68 pages : illustration ; 30 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S58064 14-22-44976184 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20403104