:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Bio-Mimetic sisik ikan hiu untuk aplikasi coating lambung kapal cepat = Bio-Mimetic of shark scale in application of coating speed boat hull

(Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

[Seiring terus menipisnya cadangan energi dunia, usaha untuk
meningkatkan efisiensi energi semakin marak dilakukan. Terutama pada
pengembangan teknologi untuk mereplikasi sifat-sifat yang berada di alam.
Struktur kanal pada sisik hiu atau yang lebih dikenal dengan riblet memiliki
kemampuan yang sangat baik dalam peningkatan efisiensi energi dengan cara
pengurangan hambatan gesek antara permukaan objek dan fluida. Drag reduction
akibat Pengembangan tentang riblet ini terus dikembangkan untuk penerapannya
pada berbagai kondisi seperti sudu turbin, pesawat terbang, dan lambung kapal.
Pada penelitian ini akan dibahas mengenai proses replikasi struktur riblet pada
sisik hiu dalam aplikasinya pada lambung kapal cepat. Proses replikasi
menggunakan mold silikon yang dimodifikasi sehingga memiliki struktur riblet
negatif sehingga dapat diaplikasikan untuk membuat coating lambung kapal cepat
dengan struktur riblet. Dengan coating hasil penelitian ini maka efisiensi kapal
akan lebih baik dan energi yang digunakan akan lebih sedikit. Diharapkan
nantinya akan diketahui proses produksi yang efektif untuk permukaan struktur
riblet secara massal., Nowadays, the world’s energy supply is decreasing, therefore efforts to optimizeenergy consumption has been received a great attention from researcher to develop a technology to mimic the ability of nature to adapt the enviroment. Scale structure of shark have an ability to optimize energy consumption by decreasing drag between surface and fluids. In this paper, proccess to mimic the ability of shark on sped boat hull is discussed. This replication proccess use silicone rubber mold with negatif riblet structure that can be applied to polyurethane coating in speed boat hull model. The result of riblet replication with this method have a degree of accuracy up to 96,48% and able to reduce total drag of ship hull up to 11.87% with Fr number 0.54. Further research is necessary to adapt the procedure of this proccess for mass production.]

 File Digital: 1

Shelf
 S58186-Heri Sulistyo Budhi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S58186
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xvi, 62 hlm. : il. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S58186 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20403192