Strategi program bantuan pendidikan dasar dengan pemetaan karakteristik Kabupaten Kota di Indonesia = Basic education program strategy using characteristics mapping of Regencies Cities in Indonesia / Dimas Hartanto Effendy
Dimas Hartanto Effendy;
Ari Arya Perdana, supervisor; T.M. Zakir Sjakur Machmud, examiner; Chotib, examiner
(Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014)
|
ABSTRAK Penelitian ini membahas strategi alternatif berupa pentargetan program-programbantuan pendidikan yang telah dijalankan oleh pemerintah diantaranya BantuanOperasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Siswa Miskin (BKM). Dilakukananalisis klaster untuk memetakan 497 kabupaten/kota di Indonesia berdasarkanciri-ciri atau karakteristik pendidikan dasarnya. Pembentukan klastermenggunakan k-means clustering pada 8 variabel yaitu APS SD, APS SMP,Angka Melek Huruf, Lama Sekolah rata-rata, Jumlah Sarana SD, Jumlah SaranaSMP, Jumlah Guru SD dan Jumlah Guru SMP. Hasilnya terbentuk 5 klasterdengan kesamaan karakteristik, yang kemudian disusun strategi bantuanpendidikan yang sesuai untuk masing-masing klaster. Perhitungan Data IndeksPendidikan juga dilakukan sebagai validasi hasil klaster. Hasil Indeks Pendidikansejalan dengan asumsi hasil klaster yaitu mengarah pada klaster-4 sebagai klasterterbaik, dilanjutkan oleh klaster-3, klaster-1, klaster-2 dan terakhir klaster-5. ABSTRACT This study focus on formulating alternative strategy to optimize the targeting ofeducational aid such as School Operational Aid (BOS) and Poor Student Aid(BSM). Cluster analysis is conducted to map all regencies in Indonesia based onits basic education characteristics. Clustering is done by k-means clustering using8 variables, which is elementary and junior high school enrollment rate,illiteracy, average years of schooling, number of building facility and number ofteachers. The results are formed 5 clusters with the same characteristics, which isthen used to set a strategy and priority for educational aid in each cluster.Education Indexing is also done to validate the cluster results. The EducationIndex results are consistent with cluster results, with cluster-4 as the best, thenfollowed by cluster-3, cluster-1, cluster-2 and cluster-5. |
T43340-Dimas Hartanto Effendy.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T43340 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xvi, 92 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T43340 | 15-23-99065283 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20403655 |