Efektivitas program pendidikan keselamatan dalam menghadapi orang tidak dikenal untuk anak usia 4 6 tahun = The effectiveness of safety education in dealing with strangers for children 4 6 years old / Annisa Allaina Irfani
Annisa Allaina Irfani;
Patricia Adam, supervisor; Edward Andriyanto Soetardhio, supervisor; Dini P. Daengsari, examiner; Eva Septiana, examiner
(Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014)
|
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa efektivitas program pendidikankeselamatan dalam menghadapi orang tidak dikenal untuk anak usia empat hinggaenam tahun guna melatih keterampilan keselamatan mereka. Pendidikankeselamatan ini diadaptasi dari program Stranger Danger yang dibuat olehKidproof Safety dengan subyek anak yang orangtuanya bersedia terlibat dalampelatihan. Penelitian ini menggunakan before and after one group design denganmengukur keterampilan subyek terhadap enam belas item pertanyaan. Enam belasitem tersebut adalah kemampuan anak dalam mengidentifikasi orang yang tidakdikenal, mengetahui aturan yang berlaku, mengetahui informasi dasar tentang dirimereka, mengetahui apa yang harus dilakukan apabila tubuh bereaksi ketikasituasi bahaya akan muncul, mengetahui apa yang harus dilakukan ketika tersesat,tetap aman jika di rumah sendirian, mampu menjaga jarak aman ketikaberhadapan dengan orang tidak dikenal, mengetahui strategi yang biasa digunakanoleh orang tidak dikenal dan real-life test yang berupa pengujian keterampilansubyek dalam menolak ajakan orang tidak dikenal. Analisis data dilakukan denganmembandingkan keterampilan yang dimiliki subyek pada saat pre-test, post testdan follow-up test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah mengikutiprogram terlihat perbedaan yang signifikan terhadap keterampilan anak dalammenghadapi orang tidak dikenal sehingga disimpulkan program ini efektif untukdiberikan kepada anak usai empat hingga enam tahun. ABSTRACT This study aims to analyze the effectiveness of safety education programs indealing with strangers for children aged four to six years in order to improvetheir safety skills. The study is adapted from Stranger Danger program created byKidproof Safety. Subjects are children whose parents willing to get involve in oneday seminar in order to support children’s skill and ability in protectingthemselves. The design of this study is before and after one group design thatmeasured pre-test, post test and follow up test of six participants. Themeasurement consists of sixteen items divided into three sections: questionare,what if situation test and real life test. The sixteen items are children's ability toidentify strangers, knowledge about rules when dealing with strangers, the basicinformation about themselves, children’s skill in responsing instinct or intuition,when lost in public spaces, to stay save when home alone, to keep their safetyzone, to response any strategies used by the strangers to lure subjects and reallifetest to test the subjects’ skill refusing stranger’s request in real life. Friedmananylisis compared scores in pre-test, post-test and follow-up test. Result of theresearch is this program significantly improved children’s safety skill in dealingwith strangers. Therefore, the program is effective to be applied to children agedfour to six. |
![]()
|
No. Panggil : | T43208 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xv, 69 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T43208 | 15-23-31157613 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20403741 |