Identifikasi aktivitas utama pada rantai nilai bandara untuk memenuhi kebutuhan low cost carrier melalui studi kasus di Bandara Ngurah Rai Bali = Key activities identification of Airport value chain to meet the demands of low cost carrier through case study at Ngurah Rai Airport Bali / Rahmat Adil Indrawan
Rahmat Adil Indrawan;
Lily Sudhartio, supervisor; Budi W. Soetjipto, examiner; Sari Wahyuni, co-promotor
(Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014)
|
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pemetaan terhadapaktivitas utama dari rantai nilai bandara yang dapat memenuhi kebutuhanLow Cost Carrier (LCC). Bandara sebagai penyedia jasa kepada LCCmendapatkan tekanan untuk memenuhi kebutuhan konsumennya tersebut.Kebutuhan-kebutuhan LCC atas bandara didasarkan pada penelitianterlebih dahulu dan interview yang dilakukan oleh penulis kepada LowCost Carrier. Kebutuhan tersebut yaitu tarif yang lebih rendah, waktu turnaround pesawat yang singkat, slot waktu yang nyaman, bangunan yangsederhana, proses check-in yang cepat, katering dan pertokoan yang baik,tidak ada business/ executive lounge, potensi permintaan yang tinggi atasLCC serta fasilitas transportasi darat yang baik.Studi dilakukan di Bandara Internasional Ngurah Rai Bali. Metodeyang digunakan pada studi ini adalah metode kualitatif. Respondenpenelitian ini adalah manajer perusahaan LCC dan manajer PT AngkasaPura I (Persero). Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh aktivitasutama pada rantai nilai bandara mempunyai kontribusi terhadapoperasional LCC. Bandara perlu menyesuaikan rantai nilainya dalamrangka memenuhi kebutuhan LCC. ABSTRACT This study aimed at to map the primary activities of the airport valuechain that can meet the needs of the airport Low Cost Carrier (LCC). As aservice provider to the LCC, airport is under pressure to meet the needs ofits customers. LCC requirement on the airport is based on prior researchand interview conducted by the author to the LCC. The requirements arelower tariff rate, short turn around time, convenient time slot, simplebuilding, quick check-in process, good catering and shops, no business /executive lounge, high demand potential for LCC and good landtransportation facilities.The study was conducted at Ngurah Rai International Airport Bali.The method used in this study is a qualitative method. The respondents ofthis study are the manager of the company LCC and manager of PTAngkasa Pura I (Persero). The results showed that all primary activities inthe value chain of airport operations have contributed to the LCC. Airportsneed to adjust the value chain in order to meet the needs of the LCC |
![]()
|
No. Panggil : | T42817 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xii, 151 pages : illustration. ; 28 cm + appindex |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T42817 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20404008 |