ABSTRAK Pada era globalisasi, tranparansi, keterbukaan informasi publik untukmengakses data. Pemerintah melakukan pemerintahan yang good governanceuntuk menjawab tantangan tersebut. Salah satu bentuk good governance adalahpelayanan publik, yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan dunia usaha(private sector), dan masyarakat (society). Perkembangan teknologi informasi saatini memungkinkan untuk melayani publik secara online dan terintegrasi. Padapenelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh sistem perizinan online,gambaran sistem perizinan online yang tersedia, dan faktor-faktor apa saja yangmempengaruhi kualitas pelayanan tersebut.Selanjutnya dengan menggunakan metode Analytic Hierarchy Process(AHP) untuk mengkaji penelitian kualitas pelayanan dengan model hierarki, yangmeliputi: kriteria kualitas interaksi yang terdiri dari subkriteria sikap, perilaku,dan keahlian; kriteria kualitas lingkungan fisik yang terdiri dari subkriteria kondisisekitar, desain, dan faktor sosial; serta kriteria kualitas hasil yang terdiri darisubkriteria waktu tunggu, kesan, rasa emosi, akses data. Penelitian ini dianalisisdan selanjutnya dikategorikan berdasarkan persepsi pemohon, frontline,pemerintah.Berikutnya hasil penelitian berdasarkan persepsi gabungan menunjukkanbahwa subkriteria yang memiliki prioritas nilai kepentingan untuk daya ungkit(langsung) terhadap kualitas hasil adalah akses data, waktu tunggu, kesan, danrasa emosi, terhadap kualitas interaksi adalah keahlian, sikap, dan perilaku,terhadap kualitas lingkungan fisik adalah faktor sosial, kondisi sekitar, dan desain.Untuk alternatif solusi yang diusulkan adalah sistem perizinan online. ABSTRACT In the era of globalization, transparency, public information openness toaccess the data. The government delivering good governance to answering thesechallenges. One of good governance is a public service, is used to meet the needsof the business (private sector), and community (society). The development ofinformation technology makes it possible to serve the public with online systemand intregrated. In this study aims to assess the effect of online licensing system,quick look online licensing system, and the factors that influence the servicequality.Furthermore, the methods Analytic Hierachy Process (AHP) to assessresearch service quality with hierarchy model, include: criteria interaction qualityconsist of attitude, behaviors, and expertise; criteria physical environment qualityconsist of ambient condition, design, and social factor; and criteria outcomequality consist of waiting time, tangibles, valence, and access data. This researchanalysed and continued be categorized based on perception Applicant, Frontline,Government.Next the result of research based on combination all perception show thatsubcriteria which has important priority for direct forming at outcome quality isaccess data, waiting time, tangibles, valence, and at interaction quality isexpertise, attitude, and behaviours, and next at physical environment quality issocial factor, ambient condition, and design. For solution alternative to propose isonline licensing system. |