Pemodelan hybrid petri nets untuk diagram fundamental triangular pada ruas jalan tunggal dan jaringan jalan = hybrid petri nets modeling of triangular fundamental diagram on a single road link and road networks / Mulyadi Sinung Harjono
Mulyadi Sinung Harjono;
Kalamullah Ramli, promotor; Abdul Halim, co-promotor; Harry Sudibyo S., examiner; Bagio Budiarjo, examiner; Muhamad Asvial, examiner; Riri Fitri Sari, examiner; Anak Agung Putri Ratna, examiner; Endra Joelianto, examiner
([Publisher not identified]
, 2014)
|
[ABSTRAK Pada penelitian ini dilakukan pemodelan kondisi lalu lintas kendaraan untuk ruasjalan tunggal dan jaringan jalan secara makroskopik berdasarkan diagramfundamental triangular equilibrium sebagai pengukur kinerja. Hybrid Petri net(HPN) digunakan sebagai perangkat pemodelan dengan simulasi berbasis modelsistem kejadian diskret.Integrasi diagram fundamental triangular equilibrium ke dalam model HPNdilakukan dengan mengelompokkan pemodelan kondisi infrastruktur ruas jalandengan parameter struktur dinamis jaringan Petri net dan pemodelan untuksimulasi jumlah kendaraan pada titik keluar ruas jalan yang ditentukan olehparameter Petri net untuk kecepatan firing internal λ. Analisa struktural jaringanPetri net membuktikan, bahwa pada model baru setiap token terikat aturankeseimbangan token dan setiap transition bersifat hidup. Diagram fundamentaltriangular adalah bersifat non linear dan dimodelkan pada HPN dengansinkronisasi transition menggunakan minimum operator.Analisa kondisi lalu lintas kendaraan untuk ruas jalan tunggal ditunjukkan olehevolusi aliran arus dan evolusi token saat telah mencapai kondisi lalu lintas steadystate. Diagram fundamental triangular equilibrium diperoleh dari kumpulanberbagai kondisi lalu lintas steady state pada ruas jalan tertentu. Evaluasi kinerjamodel baru untuk jaringan jalan diperoleh dengan membandingkan jumlahkendaraan setelah mencapai kondisi steady state terhadap kondisi riil.Penelitian disertasi ini menghasilkan dua kontribusi utama, yaitu pemodelan barudiagram fundamental triangular dengan timed hybrid Petri nets dengan infiniteserver semantics firing untuk diterapkan pada ruas jalan tunggal dan untukjaringan jalan.Pemodelan diagram fundamental triangular baru untuk ruas jalan tunggal terbuktilebih baik dengan dapat menunjukkan kondisi lalu lintas untuk arus bebas, arusstabil dan arus tertahan. Hasil pemodelan diagram fundamental triangular baruuntuk jaringan-jalan dengan hybrid Petri nets terbukti memiliki waktu komputasirelatif untuk simulasi yang 155 kali lebih cepat dibandingkan model denganFOHPN dengan nilai kesalahan relatif secara signifikan lebih kecil, yaitu0,0086%.Kata Kunci : diagram f; ABSTRACT This dissertation focuses on hybrid Petri net HPN modeling for macroscopic vehicle traffic flow on single road links and road networks based on equilibrium triangular fundamental diagram DFTe The integration of DFTe into the HPN models is performed by 1 modeling road link infrastructures using dynamic structure of HPN 2 determining the steady state number of vehicles at the road link output using internal firing speed Vehicle traffic condition for a single road link is shown by vehicle traffic flow evolution and token evolution at steady state The DFTe is obtained by computing various steady state vehicle traffic condition on a single road link Non linearity modeling of DFTe is performed by sinchronization of a HPN transitions using minimum operator This dissertation research has two main contributions i e enhanced DFTe modeling using timed HPN under infinite server semantics for single road links and road networks The enhanced DFTe modeling for single road links has been proven to perform better in the free flow saturated and synchronized state of vehicle traffic The enhanced DFTe modeling for road networks showed that the relative computing time of simulation to be 155 times faster than FOHPN model with a significantly smaller relative error i e 0 0086 , This dissertation focuses on hybrid Petri net HPN modeling for macroscopic vehicle traffic flow on single road links and road networks based on equilibrium triangular fundamental diagram DFTe The integration of DFTe into the HPN models is performed by 1 modeling road link infrastructures using dynamic structure of HPN 2 determining the steady state number of vehicles at the road link output using internal firing speed Vehicle traffic condition for a single road link is shown by vehicle traffic flow evolution and token evolution at steady state The DFTe is obtained by computing various steady state vehicle traffic condition on a single road link Non linearity modeling of DFTe is performed by sinchronization of a HPN transitions using minimum operator This dissertation research has two main contributions i e enhanced DFTe modeling using timed HPN under infinite server semantics for single road links and road networks The enhanced DFTe modeling for single road links has been proven to perform better in the free flow saturated and synchronized state of vehicle traffic The enhanced DFTe modeling for road networks showed that the relative computing time of simulation to be 155 times faster than FOHPN model with a significantly smaller relative error i e 0 0086 ] |
D1980-Mulyadi Sinung Harjono.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | D1980 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2014 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xx, 141 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
D1980 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20404526 |