Dramatisasi progam reality show masterchef Indonesia di RCTI = Dramatization of reality show programme masterchef Indonesia on RCTI / Ramadhanti Chairunisa
Ramadhanti Chairunisa;
Lilik Arifin, supervisor
([, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia], 2014)
|
ABSTRAK Program acara reality show pencarian bakat adalah salah satu tayangan televisi yang cukup diminati masyarakat saat ini Salah satu program reality show pencarian bakat tersebut adalah MasterChef Indonesia yang ditayangkan di RCTI Dalam ketatnya persaingan program antar stasiun televisi di Indonesia MasterChef Indonesia mampu memiliki rating dan share yang cukup tinggi Hal tersebut diduga akibat adanya konten yang mengandung unsur drama untuk ditampilkan dan kepada penonton Dalam tulisan ini dibahas mengenai bagaimana drama dalam tayangan MasterChef Indonesia dibangun dan apa yang menjadi tujuannya Tulisan ini menyimpulkan bahwa untuk mendapatkan minat penonton yang tinggi drama dalam tayangan MasterChef Indonesia dibangun berdasarkan realitas konflik yang terjadi selama kompetisi Pihak yang terlibat dalam membangun drama tersebut tidak hanya tim kreatif namun juga melibatkan peran kontestan dan juri dengan cara mengimprovisasi karakter Cara yang dilakukan tim kreatif dalam membangun drama dengan memanfaatkan realitas agar meningkatnya rating program berujung pada terbentuknya komodifikasi yang menguntungkan pihak stasiun televisi ABSTRACTAbstract Talent search reality show programme is one of television shows that attract public rsquo s interest at this time One of the talent search reality show programme is MasterChef Indonesia which is aired on RCTI In the firm competition among television stations in Indonesia MasterChef Indonesia is able to gain high share and rating This is suspected that it is a result of their contents programme which contain element of drama to be shown to the audience This article discusses about how the drama in MasterChef Indonesia is built and what is the purpose This article concludes that in order to get a high interest of audience drama in MasterChef Indonesia is built upon the reality of conflicts that occur during the competition The parties who involved in building the drama is not only the creative team but also the role of contestants and the judges by improvising of characters The way that the creative team used for building the drama by making use of reality in order to gain the rating programme indicates a commodification that prosper the station itself |
![]()
|
No. Panggil : | MK-PDF |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia], 2014 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | |
Tipe Konten : | |
Tipe Media : | |
Tipe Carrier : | |
Deskripsi Fisik : | 28 pages |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
MK-PDF | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20404601 |