Deskripsi Lengkap
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | |
Tipe Konten : | text (rdacontent) |
Tipe Media : | computer (rdamedia) |
Tipe Carrier : | online resources (rdacarrier) |
Deskripsi Fisik : | 24 pages |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
- Ketersediaan
- File Digital: 1
- Ulasan
- Sampul
- Abstrak
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
MK-PDF | TERSEDIA |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20404656 |
Abstrak
ABSTRAK
Program televisi yang saat ini populer di masyarakat diantaranya adalah program pencarian bakat, yang umumnya adalah pencarian bakat seni. Program-program tersebut seringkali memiliki rating yang sangat tinggi dan juga mempengaruhi perilaku khalayak penikmat dan penonton televisi. Jurnal ini kemudian akan membahas mengenai program-program pencarian bakat tersebut dan hubungannya dengan kepuasan yang dicapai para pesertanya. Seringkali kepuasan yang diusahakan dan dicapai oleh para pesertanya bersifat semu. Hal tersebut juga terjadi pada para penonton program tersebut. Mereka kemudian memiliki pandangan mainstream mengenai aliran seni tertentu yang dianggap populer dan bisa menguntungkan secara ekonomis.Teori dan konsep yang digunakan diantaranya adalah jouissance, komodifikasi, dan mainstreaming. Jurnal ini diharapkan dapat memperkaya wawasan dan mampu membuka kesadaran pembaca mengenai program pencarian bakat di televisi. Program-program tersebut cukuplah dijadikan sebagai ajang hiburan dan tanpa mempengaruhi esensi seni itu sendiri sebagai sarana ekspresi diri dan bukan merupakan sebuah komoditas. Dengan begitu maka masyarakat akan lebih dapat mengapresiasi berbagai jenis seni dan menghargai proses penciptaan karya seni tanpa jouissance.
ABSTRACT
Popular television program nowadays are talent search programs. Those programs are sometimes the highest rated program among others in the television station. This journal will examines about the programs and the connection with the satisfactory achieved by the contestant. Mostly, the satisfaction achieved are pseudo and apparent. This is also reflected in the audience of the program. They then have the mainstream view of the particular art form that is considered popular and can be advantageous economically. Theories and concepts used include jouissance, commodification, and mainstreaming. This journal is expected to enrich the knowledge and being able to open the reader's awareness of the talent search program on television. Such programs serve as entertainment only and without affecting the essence of art itself as a means of self-expression and not a commodity. By doing so, the community will be able to appreciate different kinds of art and appreciate the process of creating a work of art without jouissance.
Program televisi yang saat ini populer di masyarakat diantaranya adalah program pencarian bakat, yang umumnya adalah pencarian bakat seni. Program-program tersebut seringkali memiliki rating yang sangat tinggi dan juga mempengaruhi perilaku khalayak penikmat dan penonton televisi. Jurnal ini kemudian akan membahas mengenai program-program pencarian bakat tersebut dan hubungannya dengan kepuasan yang dicapai para pesertanya. Seringkali kepuasan yang diusahakan dan dicapai oleh para pesertanya bersifat semu. Hal tersebut juga terjadi pada para penonton program tersebut. Mereka kemudian memiliki pandangan mainstream mengenai aliran seni tertentu yang dianggap populer dan bisa menguntungkan secara ekonomis.Teori dan konsep yang digunakan diantaranya adalah jouissance, komodifikasi, dan mainstreaming. Jurnal ini diharapkan dapat memperkaya wawasan dan mampu membuka kesadaran pembaca mengenai program pencarian bakat di televisi. Program-program tersebut cukuplah dijadikan sebagai ajang hiburan dan tanpa mempengaruhi esensi seni itu sendiri sebagai sarana ekspresi diri dan bukan merupakan sebuah komoditas. Dengan begitu maka masyarakat akan lebih dapat mengapresiasi berbagai jenis seni dan menghargai proses penciptaan karya seni tanpa jouissance.
ABSTRACT
Popular television program nowadays are talent search programs. Those programs are sometimes the highest rated program among others in the television station. This journal will examines about the programs and the connection with the satisfactory achieved by the contestant. Mostly, the satisfaction achieved are pseudo and apparent. This is also reflected in the audience of the program. They then have the mainstream view of the particular art form that is considered popular and can be advantageous economically. Theories and concepts used include jouissance, commodification, and mainstreaming. This journal is expected to enrich the knowledge and being able to open the reader's awareness of the talent search program on television. Such programs serve as entertainment only and without affecting the essence of art itself as a means of self-expression and not a commodity. By doing so, the community will be able to appreciate different kinds of art and appreciate the process of creating a work of art without jouissance.