:: UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Pengajaran bahasa Inggris menggunakan lagu : Sebuah bahan pengajaran yang penting bagi siswa ESL/EFL = Teaching English through songs : An important teaching tool for ESL/EFL students

Soulaya Lestary; Marti Fauziah, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2015)

 Abstrak

Tulisan ini merupakan penelitian mengenai metode pengajaran efektif bahasa Inggris pada siswa ESL/EFL dengan menggunakan metode kajian pustaka. Pengajaran Bahasa Komunikatif (CLT) dan pembelajaran kooperatif dianggap sebagai metode yang bermanfaat dalam menguasai bahasa Inggris. Oleh karena itu, penggunaan lagu dalam pengajaran bahasa Inggris−sebagai bagian dari metode pengajaran tersebut, memiliki peran penting dalam membantu siswa EFL/ESL mencapai target dari pembelajaran bahasa. Dalam bagian pendahuluan, tulisan ini mencakup pembahasan mengenai masalah-masalah yang terjadi dalam kelas ESL/EFL dan alasan lagu dianggap sebagai alat pedagogis yang penting. Secara khusus, akan dibahas cara lagu dapat membantu siswa meningkatkan keterampilan mendengarkan dan pengucapan, serta sebagai alat dalam pengajaran kosa kata dan struktur kalimat. Kemudian di bagian akhir tulisan, penjelasan akan berpusat pada penggunaan lagu dalam menciptakan proses belajar-mengajar yang menyenangkan. Terakhir, tulisan ini menyimpulkan bahwa penggunaan lagu dalam pengajaran bahasa Inggris mendukung presepsi tersebut.

This paper is a research focusing on effective teaching methods in teaching English to EFL/ESL students by using literature review. Communicative Language Teaching (CLT) and cooperative learning are considered useful methods in mastering English. Therefore, teaching English through songs − as part of the methods, has an essential role to help EFL/ESL students achieve the goal of learning a language. As the introduction, it will cover the elaboration of problems that occur in ESL/EFL classrooms and reasons of why songs are viewed as an important pedagogy. Accordingly, explanation of how songs can actually aid learners to enhance listening and speaking skill will be further discussed, as well as the implementation of songs in building up vocabularies and sentence structure. Eventually, the use of songs in creating a fun teaching and learning process will be emphasized on the last section. Finally, the research concludes that the use of songs in teaching English for the learners supports the notion.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Soulaya Lestary.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : MK-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2015
Program Studi :
Bahasa : eng
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer (rdamediated)
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 14 pages : illustration ; 28 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-Pdf 11-24-75097087 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20404837