:: UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Perbedaan gender pada interupsi antara mahasiswa dan mahasiswi di fakultas ilmu pengetahuan budaya universitas indonesia serta faktor yang mempengaruhinya = Gender differences in interruptions strategies among students of faculty of humanity university of indonesia and the factor indicating to these differences

Ayu Sandiningtias; Susilastuti Sunarya, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2015)

 Abstrak

Studi ini meneliti perbedaan gender pada interupsi antara mahasiswa dan mahasiswi di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia serta faktor yang mempengaruhinya. Mahasiswa dan mahasiswi memiliki tendensi untuk berkomunikasi dengan cara yang berbeda, dan hal ini dapat diamati pada cara mereka menginterupsi satu sama lain di dalam suatu percakapan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa berdasarkan strategi-strategi interupsi seperti question tags, hedges, dan intonasi yang mengacu kepada teori dari Tannen (1993) dan beberapa penelitian terkait dari Ersoy (2008), Ativoragoon dan Panyametheekul (2013) dan Cowie (2000).
Berdasarkan hasil yang didapatkan, mahasiswi cenderung menggunakan tipe high considerateness, terlihat dari penggunaan question tag dan hedges yang lebih banyak; di sisi lain, mahasiswa menggunakan tipe high involvement, terlihat dari penggunaan ujaran singkat dan intonasi naik lebih banyak ketika menginterupsi. Selain itu, mahasiswa cenderung menginterupsi ketika ingin mengganti topik atau mengoreksi ujaran sementara mahasiswi memberikan pernyataan persetujuan dan dukungan dalam percakapan. Kesimpulan yang didapat pada penelitian ini adalah bahwa strategi interupsi pada mahasiswa dan mahasiswi berbeda sebagai akibat dari kecenderungan dominasi.

This study examines gender differences in interruptions among male and female students in Faculty of Humanities University of Indonesia as well as the factor affecting them. Male and female students have a tendency to communicate differently, and this can be observed by the way they interrupt each other in a conversation. This paper is aimed to analyzed based on interruption strategies such as the use of question tags, hedges, and intonation by referring to Tannen?s theory (1993) and some studies related from Ersoy (2008), Ativoragoon and Panyametheekul (2013) and Cowie (2000).
According to the results, it is found that female students tend to use high considerateness style which indicated by using more question tags and hedges; on the other hand, male students use high involvement style which shown by performing more short utterance and raising intonation while doing interruptions. Moreover, male students have a tendency to interrupt when they want to switch topic and correct the utterance or information while female students give words of agreement and support within the conversation. This research concludes that the interruption strategies used by the students vary as a consequence of the dominance tendency.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Ayu Sandiningtias.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

No. Panggil : MK-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2015
Program Studi :
Bahasa : eng
Sumber Pengatalogan : LibUI eng rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 20 pages
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-Pdf 10-18-969560050 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20404849