:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Rencana program pengembangan ulang website sebagai sarana interaksi dalam peningkatan donasi dan engagement pada komunitas save street child = Website redevelopment program planning as the interaction platform in raising donation and engagement on save street child community

Desi Puji Rahayu; Teguh Poeradisastra, supervisor; Irwansyah, examiner (Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

RINGKASAN EKSEKUTIF
Analisis Situasi
- Save Street Child (SSC) adalah sebuah komunitas mengajar independen untuk anak jalanan yang fokus dalam pendidikan alternatif & pengembangan bakat setiap anak.
- Dalam melaksanakan program, SSC membutuhkan SDM dan donasi. Berdasarkan data yang diperoleh, program-program SSC tidak berjalan dengan baik karena para anggota dan relawan SSC tidak bisa secara penuh terlibat dalam pelaksanaan program SSC. Selain itu, program tidak berjalan sesuai dengan timeline kerja karena terdapat masalah pendanaan di komunitas. SSC mendapatkan dana untuk melaksanakan programnya dari donasi, swadaya anggota, kegiatan fundraising, dan berbagai aksi lain yang mendukung. Dengan cara seperti itu, tidak ada pemasukan dana yang tetap dan teratur untuk keberlangsungan program. Ditambah dengan publikasi melalui website yang tidak meluas dan monoton sehingga membuat pendanaan SSC tidak berjalan dengan lancar.
- Masalah yang dihadapi oleh komunitas SSC adalah SSC kesulitan memperoleh donasi dan mengumpulkan minat publik untuk terlibat dalam kegiatan SSC dikarenakan masih rendahnya tingkat awareness publik tentang SSC
Tujuan
Meningkatkan donasi SSC melalui awareness dan knowledge yang diberikan di website SSC yang pada akhirnya menciptakan engagement dan peningkatan donasi.
Sasaran
- Peningkatan awareness sebesar 75%
- Peningkatan knowledge sebesar 37,5%
- Peningkatan donasi sebesar sebesar 19%
- Peningkatan engagement level dari level subscriber menjadi level advocate
Strategi
Meningkatkan awareness publik terhadap SSC dengan mengaplikasikan budaya organisasi SSC pada website dan mengoptimalkan Search Engine Optimalization (SEO) pada website SSC.
Khalayak Sasaran
a. Pria & wanita dengan usia 20-50 tahun berdomisili di Jabodetabek, status bekerja dan berasal dari SES A & B.
b. Perusahaan-perusahaan di Jabodetabek yang melakukan program CSR.
Pesan Kunci
SSC sebagai komunitas mengajar anak jalanan yang memberikan pendidikan alternatif sekaligus pengembangan bakat anak melalui program-programnya.
Taktik
- Membuat e-Direct Mail sebagai trigger untuk mengarahkan khalayak sasaran mengunjungi website SSC.
- Melakukan pengembangan ulang terhadap website SSC dari aspek konten dan tampilan sebagai sarana interaksi khalayak sasaran.
- Mengoptimalkan fungsi pencarian mesin pencari terhadap website SSC menggunakan SEO.
Jadwal
Januari ? Desember 2015
Anggaran
Rp 3.720.000,-
Evaluasi
Input, Output, & Outcome

EXECUTIVE SUMMARY
Situation Analysis
- Save Street Child (SSC) is an independent teaching community for street children that focus on alternative education and talent development.
- In carrying out the program, the SSC requires human resources and donations. Based on the data obtained, the programs do not run properly SSC because SSC members and volunteers can not fully involved in the implementation of the SSC program. In addition, the program does not run in accordance with the timeline of work because there are funding issues in the community. SSC get funds to carry out its program from donations, self-help each member, fundraising activities, and a variety of other actions. In this way, there is no income funds and regularly for the sustainability of the program. Coupled with the publication through the website are not widespread and monotonous so make SSC funding is not running smoothly.
- Problems faced by SSC is difficult to obtain and collect donations for the public interest involved in the SSC due to the low level of public awareness about the SSC
Objective
Increasing SSC donation through awareness and knowledge are given in SSC website which in turn creates engagement and increase donations.
Target
- Increased awareness by 75%
- Increased knowledge of 37.5%
- Increased donation by 19%
- Increasing the level of engagement from the subscriber level to advocate level
Strategy
Increasing public awareness by applying the SSC organizational culture on SSC website and optimizing Search Engine Optimalization (SEO) on SSC website.
Target Audience
a. Men and women 20-50 years old, living in Greater Jakarta, in status as worker and from SES A & B.
b. Companies in Jabodetabek that applying CSR programs.
Key Message
SSC as a street children teaching community who provide alternative education at the same time through a child talent development programs.
Tactics
- Create an e-Direct Mail as a trigger to drive the target audience to visit the SSC website.
- Conducting redevelopment of SSC website on content and appearance aspects as the medium for target audience interaction.
- Optimizing function of search engine on SSC website using SEO
Timeline
January - December 2015
Budgeting
Rp 3.720.000,-
Evaluation
Input, Output, & Outcome

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Desi Puji Rahayu.pdf :: Unduh

 Metadata

No. Panggil : TA-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2014
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer (rdamediated)
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xvi, 39 pages : illustration+ lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-Pdf 16-21-264042637 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20405113