:: UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Penilaian pengetahuan keterampilan dan implementasi pada bidan praktek dalam enam bulan setelah mendapat pelatihan klinik Asuhan Persalinan Normal (APN) = Assessment of knowledge skill and implementation on practicing midwives six months after normal delivery care training

(Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2014)

 Abstrak

[Latar Belakang : Angka kematian ibu dan neonatus di Indonesia masih tinggi dan masih jauh dari target Millenium Development Goals (MDGs) tahun 2015. Salah satu faktor penyebabnya adalah banyaknya penolong persalinan yang tidak mampu melakukan asuhan persalinan sesuai standar walaupun telah dilakukan pelatihan klinik Asuhan Persalinan Normal. Beberapa penelitian menunjukkan terdapatnya penurunan pengetahuan setelah kurun waktu tertentu dari pelatihan.
Tujuan : Untuk mengetahui pengetahuan, keterampilan dan implementasi pada bidan praktek dalam enam bulan setelah mendapat pelatihan klinik APN.
Metode : Desain yang digunakan adalah kohort prospektif yang dilakukan selama enam bulan sejak dilakukannya pelatihan klinik APN yaitu dari bulan Agustus-November 2013 sampai bulan Februari-Mei 2014 di P2KS Jakarta dan di masing-masing tempat bidan praktek. Data diolah dengan SPSS versi 20.
Hasil : Dari 44 subyek; 99,7% berpendidikan Diploma 3 dan 88,9% berusia 21-30 tahun. Skor median pengetahuan APN sebelum, segera setelah dan enam bulan setelah pelatihan adalah 69,4; 93,9 dan 77,6 (sebelum vs enam bulan setelah pelatihan p<0,001 dan segera setelah vs enam bulan setelah pelatihan p<0,001). Jumlah subyek yang kompeten sebelum, segera setelah dan enam bulan setelah pelatihan pada keterampilan persalinan normal adalah 27,3%; 77,3% dan 68,2% ( sebelum vs enam bulan setelah pelatihan p<0,001 dan segera setelah vs enam bulan setelah pelatihan p=0,289); pada keterampilan resusitasi bayi baru lahir adalah 9,1%; 84,1% dan 61,4% (sebelum vs enam bulan setelah pelatihan p<0,001 dan segera setelah vs enam bulan setelah pelatihan p=0,002) dan pada keterampilan pemeriksaan bayi baru lahir adalah 27,3%; 77,3% dan 70,5% (sebelum vs enam bulan setelah pelatihan p<0,001 dan segera setelah vs enam bulan setelah pelatihan p=0,375). Ketersediaan alat dan bahan sebelum pelatihan 95,64% dan enam bulan setelah pelatihan 98,66% (p <0,001).
Kesimpulan : Didapatkan peningkatan bermakna pengetahuan dan keterampilan enam bulan setelah dengan sebelum pelatihan namun pengetahuan enam bulan setelah menurun bermakna dengan segera setelah pelatihan. Sedangkan untuk keterampilan enam bulan setelah dengan segera setelah pelatihan didapatkan hasil yang berbeda-beda yaitu untuk keterampilan persalinan normal dan pemeriksaan bayi baru lahir tidak didapatkan perbedaan namun untuk keterampilan resusitasi bayi baru lahir didapatkan penurunan bermakna. Ketersediaan alat dan bahan persalinan enam bulan setelah pelatihan meningkat bermakna dibandingkan sebelum pelatihan., Background: The maternal and neonatal mortality rate in Indonesia is stil high and far from the target of Millenium Development Goals (MDGs) in 2015. One of the contributing factors is the substandard delivery care from birth attendants even though they have been trained for Normal Delivery Care. Several studies have shown decrease of knowledge some time after the training.
Aim : To assess knowledge, skill, and implementation on practicing midwives six months after Normal Delivery Care training.
Methods : This is a prospective cohort study conducted for six months since Normal Delivery Care training; from August-November 2013 until February-May 2014 in P2KS Jakarta and the respective midwife’s field of service. Data was processed and analyzed with SPSS 20.
Results: We obtained 44 subjects; 99.7% were from Diploma 3 education level and 88.9% were aged 21-30 years. The median knowledge score of Normal Delivery Care before, immediately after, and six months after training are 69.4; 93.9 and 77.6 (before vs immediately after p<0.001 and immediately after vs six months after p<0.001). The number of ompeten subject before, immediately after, and six months after training on normal delivery skill are 27.3%; 77.3% and 68.20% (before vs immediately after p<0.001 and immediately after vs six months after p=0.289); on neonatal resuscitation skill are 9.1%; 84.1% and 61.4% (before vs immediately after p<0.001 and immediately after vs six months after p=0.002) and on neonatal examination skill are 27.3%; 77.3% and 70.5% (before vs immediately after p<0.001 and immediately after vs six months after p=0.375). Materials and equipments available before training are 95.64% and 98.66% six months after training (p<0.001).
Conclusion: There was a significant increase on knowledge and skills six months after training compared to before training, however there was a significant decrease on knowledge six months after training compared to immediately after training. There were varying results on Normal Delivery Care skills six months after training compared to immediately after training; there was no significant difference on normal delivery and neonatal examination skills, but there was a significant decrease on neonatal resuscitation skill. Availability of materials and equipments six months after training increased significantly compared to before training.]

 File Digital: 1

Shelf
 SP-Vonny.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : SP-PDF
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2014
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xv, 48 hlm. : ill. ; 28 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
SP-PDF TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20405238