:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Penggunaan limbah sabut kelapa untuk ketahanan campuran aspal beton terhadap deformasi alur = The use of waste coconut fiber to ability asphalt concrete mixture for resistence of rutting deformation

Roberto Colia; Sigit Pranowo Hadiwardoyo, supervisor ([Publisher not identified] , 2014)

 Abstrak

Perkerasan lentur merupakan jenis perkerasan yang banyak dipakai di Indonesia. Salah
satu kerusakan yang sering terjadi pada perkerasan lentur ialah kerusakan alur roda.
Jenis deformasi ini berupa perubahan bentuk permukaan jalan akibat beban roda
kendaraan yang melintasi permukaan perkerasan jalan tersebut. Penelitian ini bertujuan
untuk mencari alternatif campuran beton aspal yang dapat mengurangi terjadinya
deformasi tersebut. Limbah sabut kelapa ditambahkan pada aspal sehingga menjadi
aspal berserat. Bahan tambah ini berupa serat halus berukuran 0,5mm-1,25mm
dicampur dengan Aspal pen 60/70 dengan persentase 0%; 0,75% dan 1,5% terhadap
berat aspal. Aspal berserat ini kemudian dicampur dengan aggregat menjadi campuran
beton aspal AC-WC kemudian dilakukan pengujian dengan Wheel Tracking Machine
pada suhu 30˚C, 45˚C dan 60˚C. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa
penambahan limbah sabut kelapa lebih tahan terhadap pengaruh suhu dibandingkan
dengan campuran aspal beton tanpa serat. Hasil pengujian Marshall dan Wheel
Tracking Machine memperlihatkan terjadinya peningkatan stabilitas dan ketahanan
terhadap nilai deformasi pada persentase limbah sabut kelapa 0.75%.

Flexible pavement is a type of pavement that is widely used in Indonesia. One of
damage that often occurs in flexible pavement damage is the wheel groove. Type of
deformation is a change in shape of the road surface due to wheel loads of vehicles
across the surface of the pavement. This study aimed to explore alternative asphalt
concrete mixtures that can reduce the occurrence of such deformation. Coconut coir
waste is added to the asphalt so that it becomes fibrous asphalt. The added material in
the form of fine fibers measuring 0.5 mm ? 1.25mm mixed with asphalt pen 60/70 with
a percentage of 0 % , 0.75 % and 1.5 % of the weight of asphalt. Fibrous asphalt is then
mixed with aggregate into asphalt concrete mix AC - WC then testing the Wheel
Tracking Machine at a temperature of 30˚C , 45˚C and 60˚C. The results of this study
concluded that the addition of coconut coir waste is more resistant to the effects of
temperature compared to asphalt concrete mixtures without fiber. The results of testing
the Marshall Test and Wheel Tracking Machine reflects the increasing stability and
resistance to deformation values on the percentage of waste coconut husks 0.75 %.

 File Digital: 1

Shelf
 S56556-Roberto Colia.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S56556
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2014
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 67 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S56556 14-17-342119169 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20405829