Penggunaan limbah sabut kelapa untuk ketahanan campuran aspal beton terhadap deformasi alur = The use of waste coconut fiber to ability asphalt concrete mixture for resistence of rutting deformation
Roberto Colia;
Sigit Pranowo Hadiwardoyo, supervisor
([Publisher not identified]
, 2014)
|
Perkerasan lentur merupakan jenis perkerasan yang banyak dipakai di Indonesia. Salahsatu kerusakan yang sering terjadi pada perkerasan lentur ialah kerusakan alur roda.Jenis deformasi ini berupa perubahan bentuk permukaan jalan akibat beban rodakendaraan yang melintasi permukaan perkerasan jalan tersebut. Penelitian ini bertujuanuntuk mencari alternatif campuran beton aspal yang dapat mengurangi terjadinyadeformasi tersebut. Limbah sabut kelapa ditambahkan pada aspal sehingga menjadiaspal berserat. Bahan tambah ini berupa serat halus berukuran 0,5mm-1,25mmdicampur dengan Aspal pen 60/70 dengan persentase 0%; 0,75% dan 1,5% terhadapberat aspal. Aspal berserat ini kemudian dicampur dengan aggregat menjadi campuranbeton aspal AC-WC kemudian dilakukan pengujian dengan Wheel Tracking Machinepada suhu 30˚C, 45˚C dan 60˚C. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwapenambahan limbah sabut kelapa lebih tahan terhadap pengaruh suhu dibandingkandengan campuran aspal beton tanpa serat. Hasil pengujian Marshall dan WheelTracking Machine memperlihatkan terjadinya peningkatan stabilitas dan ketahananterhadap nilai deformasi pada persentase limbah sabut kelapa 0.75%. Flexible pavement is a type of pavement that is widely used in Indonesia. One ofdamage that often occurs in flexible pavement damage is the wheel groove. Type ofdeformation is a change in shape of the road surface due to wheel loads of vehiclesacross the surface of the pavement. This study aimed to explore alternative asphaltconcrete mixtures that can reduce the occurrence of such deformation. Coconut coirwaste is added to the asphalt so that it becomes fibrous asphalt. The added material inthe form of fine fibers measuring 0.5 mm ? 1.25mm mixed with asphalt pen 60/70 witha percentage of 0 % , 0.75 % and 1.5 % of the weight of asphalt. Fibrous asphalt is thenmixed with aggregate into asphalt concrete mix AC - WC then testing the WheelTracking Machine at a temperature of 30˚C , 45˚C and 60˚C. The results of this studyconcluded that the addition of coconut coir waste is more resistant to the effects oftemperature compared to asphalt concrete mixtures without fiber. The results of testingthe Marshall Test and Wheel Tracking Machine reflects the increasing stability andresistance to deformation values on the percentage of waste coconut husks 0.75 %. |
S56556-Roberto Colia.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | S56556 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2014 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xiv, 67 pages : illustration ; 30 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S56556 | 14-17-342119169 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20405829 |