Full Description

Cataloguing Source : LibUI ind rda
ISSN : 23017821
Magazine/Journal : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran 46 (2) Juli 2013. Hal. : 114-124
Volume : vol 46 no 2 tahun 2013 Hal 114-124
Content Type : text (rdamedia)
Media Type : unmediated (rdamedia)
Carrier Type : volume (rdcarrier)
Electronic Access :
Holding Company : Universitas Indonesia
Location : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
 
  •  Availability
  •  Digital Files: 0
  •  Review
  •  Cover
  •  Abstract
Call Number Barcode Number Availability
370 JPP 46:2 (2013) 08-25-94335643 TERSEDIA
No review available for this collection: 20407378
 Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika realistik yang teruji validitas, kepraktisan dan efektivitasnya dalam upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP kelas VII. Model pengembangan yang digunakan adalah model Plomp yang terdiri atas lima taha, yaitu (1) investigasi awal, (2) desain, (3) realisasi, (4) tes, evaluasi, dan revisi, dan (5) implementasi. Subjek coba pada uji perorangan, kelompok kecil dan uji lapangan adalah siswa SMPN 2 Semarapura yang masing-masing berjumlah 3, 12, dan 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran tergolong kriteria baik yang telah memenuhi persyaratan validitas dan kepraktisan. Implementasi perangkat pembelajaran matematika realistik juga efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP sebagai subjek coba.