:: Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP

Dewi Murniati, examiner; I Made Candiasa; I Made Kirna (Lembaga pendidikan tenaga kependidikan Universitas pendidikan Ganesha, 2013)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika realistik yang teruji validitas, kepraktisan dan efektivitasnya dalam upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP kelas VII. Model pengembangan yang digunakan adalah model Plomp yang terdiri atas lima taha, yaitu (1) investigasi awal, (2) desain, (3) realisasi, (4) tes, evaluasi, dan revisi, dan (5) implementasi. Subjek coba pada uji perorangan, kelompok kecil dan uji lapangan adalah siswa SMPN 2 Semarapura yang masing-masing berjumlah 3, 12, dan 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran tergolong kriteria baik yang telah memenuhi persyaratan validitas dan kepraktisan. Implementasi perangkat pembelajaran matematika realistik juga efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP sebagai subjek coba.

 Metadata

No. Panggil : 370 JPP 46:2 (2013)
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Singaraja: Lembaga pendidikan tenaga kependidikan Universitas pendidikan Ganesha, 2013
Sumber Pengatalogan :
ISSN : 23017821
Majalah/Jurnal : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran 46 (2) Juli 2013. Hal. : 114-124
Volume : vol 46 no 2 tahun 2013 Hal 114-124
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume (rdcarrier)
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
370 JPP 46:2 (2013) TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20407378