Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP
Dewi Murniati, examiner;
I Made Candiasa; I Made Kirna
(Lembaga pendidikan tenaga kependidikan Universitas pendidikan Ganesha, 2013)
|
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika realistik yang teruji validitas, kepraktisan dan efektivitasnya dalam upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP kelas VII. Model pengembangan yang digunakan adalah model Plomp yang terdiri atas lima taha, yaitu (1) investigasi awal, (2) desain, (3) realisasi, (4) tes, evaluasi, dan revisi, dan (5) implementasi. Subjek coba pada uji perorangan, kelompok kecil dan uji lapangan adalah siswa SMPN 2 Semarapura yang masing-masing berjumlah 3, 12, dan 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran tergolong kriteria baik yang telah memenuhi persyaratan validitas dan kepraktisan. Implementasi perangkat pembelajaran matematika realistik juga efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP sebagai subjek coba. |
No. Panggil : | 370 JPP 46:2 (2013) |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Singaraja: Lembaga pendidikan tenaga kependidikan Universitas pendidikan Ganesha, 2013 |
Sumber Pengatalogan : | |
ISSN : | 23017821 |
Majalah/Jurnal : | Jurnal Pendidikan dan Pengajaran 46 (2) Juli 2013. Hal. : 114-124 |
Volume : | vol 46 no 2 tahun 2013 Hal 114-124 |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated |
Tipe Carrier : | volume (rdcarrier) |
Akses Elektronik : | |
Institusi Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
370 JPP 46:2 (2013) | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20407378 |