:: Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Media promosi objek wisata monkey forest Ubud Gianyar Bali sebuah kajian semiotika

([Publisher not identified] , [Date of publication not identified] )

 Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan, mengidentifikasi tanda verbal dan visual sebagai elemen pembentuk media komunikasi visual, serta menerjemahkan makna di balik tanda verbal maupun nonverbal pada media promosi objek wisata Monkey Forest Ubud Gianyar Bali sebuah kajian semiotika, sehingga dapat diketahui citra dan nilai budaya yang ada di masyarakat, khususnya desa Padangtegal Ubud Gianyar Bali. Metode yang digunakan dalam penelitain ini adalah deskriptif kualitatif, dengan analisis komunikasi visual yang dialukan dalam pemahaman dan pembacaan terhadap tanda. Penelitian ini mengacu pada teori semiotika yang membahas tanda visual dan tanda verbal dalam memahami sistem tanda dan makna yang tersimpan pada media promosi objek wisata Monkey Forest Ubud, Gianyar, Bali. Hasil dari penelitian ini melalui analisis semiotika dapat dimaknai bahwa pada hakekatnya media promosi objek wisata Monkey Forest Ubud Gianyar Bali memakai konsep ajaran Tri Hita Karana berdasarkan filosofi agama Hindu Bali, damai dan kemerdakaan menjadi satu dalam hidup kita. Dengan menghadirkan ilustrasi pura, hutan dan monyek sebagai objek utamanya, yang memiliki makna sakral, keagungan dan kesucian, dengan menunjukkan gambar visual seperti ini, tentunya untuk dapat mempormosikan objek wisata Monkey Forest dengan memperlihatkan keunikan, keindahan seni budaya melalui media promosi sebagai pemeliharaan dan pelestarian nilai-nilai kebudayaan setempat, menjadi kekayaan budaya Hindu.

 Metadata

No. Panggil : SWISID 2:2 (2014)
Subjek :
Sumber Pengatalogan :
ISSN : 23547154
Majalah/Jurnal : Jurnal Segara Widya, 2 (2) 2014 : p. 421-430
Volume :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lt 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
SWISID 2:2 (2014) TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20408839