:: Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Sekilas uji identifikasi karakteristik, performance dan safety roket R-Han 122B di Pameungpeuk Garut, Jawa Barat

([Publisher not identified] , [Date of publication not identified] )

 Abstrak

Indonesia sampai saat ini sudah mampu membuat roket balistik yang telah diuji terbang untuk kepentingan penelitian dan kepentingan sipil. Melalui inovasi dan rekayasa roket balistik sipil dapat dibuat roket pertahanan dengan nama roket R-Han. Diawalinya pembuatan roket R-Han 122 yang diuji tembak pada tahun 2010 di Baturaja Sumatera Selatan dengan jarak 14 km untuk memenuhi kebutuhan bekal amunisi roket Batalyon Artileri Korps Marinir TNI ? AL untuk peluncur roket RM-70 Grad yang dimiliki satuan Batalyon Roket Marinir TNI -AL yang selama ini didatangkan dari luar negeri.
Uji coba tembak roket R-Han 122B di Pameungpeuk ini menggunakan peluncur roket 8 laras pada truk perkasa hasil pengembangan konsorsium roket nasional. Penggunaan peluncur roket RM-70 Grad masih belum digunakan karena masih belum dilakukan modifikasi pada struktur roket. Pada laporan ini, dijelaskan persiapan pelaksanaan dan hasil pengujian dinamik roket R-Han 122B. Selain itu dijelaskan spesifikasi roket dan peluncur roket serta hasil pengujian.
Hasil pengujian pada dasarnya berjalan dengan baik dan aman dengan berhasil meluncurkan roket R-Han 122B baik secara tunggal maupun salvo. Meskipun ada beberapa roket yang meluncur dengan kondisi yang tidak stabil namun secara umum tujuan pengujian tercapai dan seluruh kegiatan berjalan dengan aman.

 Metadata

No. Panggil : 321 LPI 17:33 (2014)
Subjek :
Sumber Pengatalogan :
ISSN : 14120054
Majalah/Jurnal : Litbang Pertahanan Indonesia 17 (33) Desember 2014 Hal. : 87-101
Volume :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
321 LPI 17:33 (2014) TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20409101