:: Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Penumbuhkembangkan keterampilan berpikir kritis calon guru fisika melalui penerapan strategi kooperatif dan pemecahan masalah pada konsep gelombang

Sarwi, Liliasari (Jurnal Forum Kependidikan, 2010)

 Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah menumbuhkembangkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa pada konsep gelombang melalui kolaborasi penerapan strategi kooperatif dan pemecahan masalah. Model kuasi eksperimen dengan disain pretest-posttest control group digunakan dalam penelitian ini. Tes objektif dilengkapi alasan digunakan dalam pengumpulan data. Hasil penelitian menyatakan penumbuhkembangan keterampilan berpikir kritis dengan indikator memberi penjelasan sederhana dan membangun keterampilan dasar diperoleh skor 66,3 dan 64,4; sedangkan indikator menyimpulkan dan memberi penjelasan lanjut dicapai skor 54,7 dan 23,7 (skala 100). N-gain kelompok eksperimen 54 dan kontrol 42; sedangkan skor penguasaan konsep gelombang sebesar 62,6 dan 52,5 (skala 100). disimpulkan bahwa pemahaman konsep gelombang dapat ditingkatkan melalui pembelajaran kooperatif dan pemecahan masalah berkolaborasi.

 Metadata

No. Panggil : FKP 30:1 (2010)
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Jurnal Forum Kependidikan, 2010
Sumber Pengatalogan :
ISSN : 02159392
Majalah/Jurnal : Jurnal Forum Kependidikan
Volume : Vol. 30 (1), 2010: Hal. 37-44
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan Universitas Indonesia, lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
FKP 30:1 (2010) 08-22-82462054 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20409171