Data menunjukkan menurunnya nilai UAN mata pelajaran Bahasa Indonesia belum dikajisecara mendalam, namun perlu disikapi yaitu mencari akar masalah dan solusi pemecahannya.Menurunnya nilai UAN mata pelajaran Bahasa Indonesia pada tahun 2010, diduga banyak faktor yangterkait. Salah samnya adalah ketidakterbacaan soal-soal UAN mala pelajaran Bahasa Indonesia‘Penelitian ini untuk mencari salah satu alternatif penyelesaian yang terkait dengan menganaljsis butir-butir soa] UAN Bahasa Indonesia dengan tingkatan kognitif. Sampel adalah siswa tingkat SLTP diSurabaya berjumlah 100 siswa yang dibagi dua sekolah yaitu SMPN 13 (50 siswa) dan SMP DharmaWanita (50 siswa). Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis soal-soalyang sukar maupun yang tidak. Dengan begitu, guru dapat mengetahui secara jelas kriteria-kriteriasoal yang sulit dan mudah bagi siswa dalam mempersiapkan UN khususnya mata belajaran BahasaIndonesia. |