Analisa hambatan total pada kapal Katamaran dengan konfigurasi jarak antar lambung secara membujur (R/L) = Analisa hambatan total pada kapal Katamaran dengan konfigurasi jarak antar lambung secara membujur (R/L)
(Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012)
|
[Penggunaan kapal katamaran atau multihull sebagai moda transportasi baiksungai maupun laut telah berkembang secara pesat belakangan ini. DrewryShipping Consultant (1997) menyatakan bahwa angkutan penumpang atau highspeed ferry merupakan salah satu aplikasi kapal katamaran yang paling seringdigunakan. Akan tetapi terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalamperancangan kapal katamaran, diantaranya keakurasian dalam mengestimasihambatan. Hambatan merupakan faktor penting saat perancangan suatu kapalkarena berhubungan dengan perhitungan daya mesin induk kapal, biayaoperasional kapal dan konsumsi bahan bakar. Dalam tugas akhir ini akandijelaskan mengenai penurunan nilai hambatan yang diakibatkan oleh konfigurasimembujur (R/L) pada demihull kapal katamaran. Metode eksperimen (towingtank) dan numerik (HullSpeed-MaxsurfPro 11.12) dilakukan dalam penelitiandengan variasi kecepatan pada angka Froude 0.1 -1.0. Dari hasil kedua metodemenunjukkan bahwa metode eksperimen menghasilkan nilai lebih besarkhususnya pada Fn < 0.5. Sedangkan analisa konfigurasi lambung secaramembujur (staggered) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap penurunanhambatan. Semakin besar nilai R/L, maka semakin kecil nilai hambatan yangdihasilkan. Penurunan nilai hambatan di setiap kenaikan nilai R/L (R/L 0.0 ; 0.2 ;0.3) adalah 5.5% untuk S/L 0.2 ; 6.65% untuk S/L 0.3 dan 5.6 % untuk S/L 0.4., The use of catamaran or multihull boats as sea transport has been growing rapidlylately. Drewry Shipping Consultants (1997) stated that the transportation ofpassengers or high speed ferry boat is one of the applications most frequently usedcatamarans. However, there are some things that should to consider in the designof catamaran vessels, including the accuracy in resistance estimation. Resistanceis an important factor when designing a ship because it deals with the calculationof main engine power of vessels, vessel operating costs and fuel consumption. Inthis thesis would explain the decrease in resistance value caused by thelongitudinal configuration (R / L) on demihull catamaran vessel. Experimentalmethod (towing tank) and numerical (HullSpeed-MaxsurfPro 11:12) conductedthe study with the velocity variations in the Froude number 0.1 -1.0. From theresults of both methods showed that the experimental method produces greatervalue partially Fn < 0.5. While the analysis of a longitudinal hull configuration(staggered) have a significant influence on reducing the resistance. The greater thevalue of R / L, the smaller the resulting resistance values. Decline in the value ofresistance in any increase in the value of R / L (R / L 0.0: 0.2: 0.3) is 5.5% for theS / L 0.2 ; 6.65% for the S / L 0.3 and 5.595% for the S / L 0.4.] |
![]()
|
No. Panggil : | S58415 |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | |
Tipe Konten : | |
Tipe Media : | |
Tipe Carrier : | |
Deskripsi Fisik : | xvi, 69 hlm. : ill. ; 28 cm. |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S58415 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20410113 |