:: Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Bahan ajar asam-basa menggunakan konteks bahan pengawet makanan untuk mengembangkan literasi sains SMK jurusan teknologi pengolahan hasil pertanian (TPHP)

([Publisher not identified] , [Date of publication not identified] )

 Abstrak

Penelitiab ini bertujuan menghasilkan bahan ajar asam-basa menggunakan konteks bahan pengawet makanan yang dapat mengembangkan kemampuan literasi sains siswa SMK jurusan Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian (TPHP) serta mengevaluasi kualitas bahan ajar tersebut berdasarkan validasi ahli, pengujian keterbacaan, dan penilaian guru. Peneltian dimulai dengan pembuatan bahan ajar dengan pendekatan STI ( Scientific, Literacy, and Technology) kemudian disempurnakan dengan metode validasi dan pengembangan. Validasi yang digunakan pada penilaian ini meliputi validasi ahli. Selain itu, bahan ajar juga melalui pengujian keterbacaan dan penilaian guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa empat dimensi sains tertuang dalam bahan ajar, nilai CVR dan CVI adaptif maupun pembelajaran mata pelajaran produktif TPHP materi bahan tambahan makanan, persentase total keterbacaan 75,3% menunjukan bahawa bahan ajar dapat digunakan untuk siswa SMK jurusan TPHP karena mudah untuk dipahami dan termasuk bahan ajar yang baik sekali merajuk pada hasil presentase penilaian guru sebesar 98%. Kekuatan bahan ajar terletak pada aspek visualisasi (kalimat, ukuran, huruf, jenis huruf, tampilan gambar) dan aspek ketertarikan siswa dalam mempelajari materi produktif TPHP, sedangkan kelemahan bahan ajar terletak pada aspek ketertarikan siswa dalam mempelajari materi kimia.

 Metadata

No. Panggil : JURPEND 15:2 (2015)
Sumber Pengatalogan :
ISSN : 1412565X
Majalah/Jurnal : Jurnal Penelitian Pendidikan, 15 (2) 2015 : Hal. 52-58
Volume :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan Universitas Indonesia, Lantai 4, R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
JURPEND 15:2 (2015) TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20410325