ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh changeleadership terhadap komitmen karyawan untuk berubah. Penelitian ini dilakukanpada dua perusahaan jasa konstruksi di Jakarta dengan jumlah sampel totalsebanyak 108 yang merupakan karyawan pada dua perusahaan tersebut. Alat ukuryang digunakan adalah kuesioner change leadership yang digunakan dalampenelitian Herold, Fedor, Caldwell dan Yi (2008) untuk mengukur kepemimpinanperubahan dan kuesioner komitmen untuk berubah yang digunakan dalampenelitian Hersovitch dan Meyer (2002) yang digunakan untuk mengukurkomitmen karyawan untuk berubah.Hasil yang berbeda disimpulkan dari olah data, yaitu bahwa changeleadership secara signifikan berpengaruh terhadap komitmen karyawan untukberubah pada perusahaan HIJ dan tidak berpengaruh secara signifikan padaperusahaan XYZ. Perbedaan ini menyebabkan disarankannya penelitian lebihlanjut mengenai pengaruh faktor lain selain change leadership terhadap komitmenkaryawan untuk berubah, misalnya satisfaction of need, serta pemilihan sampelperusahaan yang mempunyai karakteristik dan waktu dimulainya perubahan yangsama. ABSTRACT The purpose of this study was to determine the effect of change leadershipon employees’ commitment to change. This research was conducted in twoconstruction companies in Jakarta with a total sample size of 108, which were theemployees at the two companies. Measuring instruments used were aquestionnaire of Change Leadership that were used in the Herold, Fedor, Caldwelland Yi’s research (2008) and a questionnaire of commitment to change that wereused in the Hersovitch and Meyer’s research (2002).A different result inferred from the data though, was that the changeleadership significantly affects employee commitment to change on company HIJand no significant effect on company XYZ. This difference suggested a furtherresearch on the influence of factors other than the change leadership onemployees' commitment to change, for example satisfaction of need and theselection of samples to involve companies, which have the same characteristicsand same start time of changes.;ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh changeleadership terhadap komitmen karyawan untuk berubah. Penelitian ini dilakukanpada dua perusahaan jasa konstruksi di Jakarta dengan jumlah sampel totalsebanyak 108 yang merupakan karyawan pada dua perusahaan tersebut. Alat ukuryang digunakan adalah kuesioner change leadership yang digunakan dalampenelitian Herold, Fedor, Caldwell dan Yi (2008) untuk mengukur kepemimpinanperubahan dan kuesioner komitmen untuk berubah yang digunakan dalampenelitian Hersovitch dan Meyer (2002) yang digunakan untuk mengukurkomitmen karyawan untuk berubah.Hasil yang berbeda disimpulkan dari olah data, yaitu bahwa changeleadership secara signifikan berpengaruh terhadap komitmen karyawan untukberubah pada perusahaan HIJ dan tidak berpengaruh secara signifikan padaperusahaan XYZ. Perbedaan ini menyebabkan disarankannya penelitian lebihlanjut mengenai pengaruh faktor lain selain change leadership terhadap komitmenkaryawan untuk berubah, misalnya satisfaction of need, serta pemilihan sampelperusahaan yang mempunyai karakteristik dan waktu dimulainya perubahan yangsama. ABSTRACT The purpose of this study was to determine the effect of change leadershipon employees’ commitment to change. This research was conducted in twoconstruction companies in Jakarta with a total sample size of 108, which were theemployees at the two companies. Measuring instruments used were aquestionnaire of Change Leadership that were used in the Herold, Fedor, Caldwelland Yi’s research (2008) and a questionnaire of commitment to change that wereused in the Hersovitch and Meyer’s research (2002).A different result inferred from the data though, was that the changeleadership significantly affects employee commitment to change on company HIJand no significant effect on company XYZ. This difference suggested a furtherresearch on the influence of factors other than the change leadership onemployees' commitment to change, for example satisfaction of need and theselection of samples to involve companies, which have the same characteristicsand same start time of changes. |