:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Hubungan tingkat pengetahuan dengan kesadaran perawat di Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo perawat terhadap undang undang keperawatan = The relation between nurses of knowledge and awaresess toward the nursing act

Rizka Febriyona; Rr. Tutik Sri Hariyati, supervisor; Hanny Handiyani, examiner (Universitas Indonesia, 2015)

 Abstrak

Undang-Undang Keperawatan memberikan kewenangan bagi perawat untuk melakukan praktik secara mandiri di luar fasilitas pelayanan kesehatan. Dalam melaksanakan tugas sebagai pemberi pelayananan kesehatan perawat perlu bekerja sesuai dengan pengetahuan dan peraturan yang terdapat di dalam Undang-Undang Keperawatan. Minimnya pengetahuan dan kesadaran perawat terhadap Undang-Undang Keperawatan dapat mengakibatkan kondisi pasien tidak aman. Oleh karena itu dirasa penting untuk meneliti tingkat pengetahuan dan kesadaran perawat terhadap Undang-Undang Keperawatan. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional pada 106 perawat dengan teknik cluster sampling. Instrumen penelitian berisi ketentuan umum, praktik keperawatan dan hak kewajiban perawat yang terdapat di dalam Undang-Undang Keperawatan. Penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pengetetahuan dan kesadaran perawat terhadap Undang-Undang Keperawatan sudah baik (53.4%). Meskipun pengetahuan dan kesadaran yang dimiliki oleh perawat sudah baik, namun perawat harus tetap untuk lebih meningkatkan pengetahuan dan kesadaran tentang Undang-Undang Keperawatan secara keseluruhan.

Nursing Act delegated authority to nurses to conduct a practice outside the health care facility independently. In carrying out the duties as health providers, nurses had to work in accordance with the knowledge and rules contained in the regulation. Nurses? lack of knowledge and awareness of Nursing Act could lead to the endangering of patient?s condition. Consequently, it becomes necessary to conducted a research on nurses? knowledge and awareness of the regulation. This research used a cross-sectional design on 106 nurses that were selected by using cluster-sampling technique. The research instruments were general provision, nursing practice, and the rights and responsibilities of nurses contained in Nursing Act. This research showed that actually nurses had already been aware of the regulation, and also had already understood it as well (53,4%). But despite already had sufficient knowledge and awareness, every nurse still had to increase their awareness and knowledge of Nursing Act wholly.

 File Digital: 1

Shelf
 S59808-Rizka febriyona.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S59808
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2015
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; Computer (rdadontent)
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 56 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S59808 14-21-245724358 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20411490