ABSTRAK Susu adalah makanan yang hampir sempurna karena mengandung berbagai zatgizi yang memadai. Keputusan orang tua dalam membeli susu dipengaruhi berbagaifaktor. Penelitiaan ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungandengan keputusan membeli susu untuk balita. Penelitian ini menggunakan pendekatankuantitatif, desain studi cross-sectional, dan analisis uji chi square. Instrumen yangdigunakan berupa kuesioner untuk mendapatkan jawaban mengenai variabel yangditeliti, yaitu keputusan membeli susu untuk balita, pendidikan ibu, pengetahuan giziibu, pendapatan keluarga, kebiasaan membaca label pangan (komposisi, informasinilai gizi, klaim/pesan kesehatan, cara penyajian), pengaruh sumber informasi,pengaruh merek, pengaruh harga, dan status gizi balita. Selain itu, penelitian ini jugamenggunakan semi quantitative food frequency questionnaire untuk mendukung datasumbangan energi dari susu pada balita dan timbangan untuk mengukur berat badanbalita. Penelitian dilakukan pada bulan April – Mei 2015 dengan responden berjumlah107 ibu yang memiliki balita. Hasil analisis menunjukkan terdapat hubungan yangbermakna antara kebiasaan membaca label informasi nilai gizi dan pengaruh sumberinformasi dengan keputusan membeli susu pada Ibu-ibu orang tua siswa SDIT Al-Hamidiyah Depok tahun 2015. Disarankan instansi terkait dan pihak sekolahmengingatkan orang tua untuk selalu memperhatikan label gizi ketika membelimakanan balita. Orang tua diharapkan juga terus mencari informasi tentang pemilihan ABSTRACT Milk is an-almost-perfect food, contain various adequate nutrient. Parents’ decisions in buying milk are influenced by various factors. The objectives of this study are to find out the factors associated with buying milk-for-toddlers decision. This research used a quantitative approach, cross-sectional study design, and data analysis by chi square test. Instruments that used are questionnaire to get answers from respondents regarding the examined variables, i.e. the decision of buying milk-for-toddlers, mother's education and nutritional knowledge, family income, the habit of reading food labels (composition, nutritional value information, claims/health messages, serving recommendation), the influence of the information sources, brands, and prices; semi quantitative food frequency questionnaire to support the data of toddlers’ energy intakes; and weight scales to get body weight and calculating toddlers’ weight-for-age. Research conducted in April – May 2015 on 107 mothers who have toddlers. The results of the analysis shows there are significant relationship between reading food-nutrient-value-label habit and the influence of information resources with buying milk decision. It’s recommended that the relevant agencies and school principles work together in reminding parents to always pay attention to the nutritional labels when purchasing toddler’s foods. Parents are also expected to continue to seek information about milk-for-toddlers preference. |