:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Tingkat stres akademik pada mahasiswa penerima program beasiswa pengembangan diri Beastudi Etos wilayah Jakarta dan Bogor = Academic stress level at the student of recipients scholarship program of personal development Beastudi Etos region Jakarta and Bogor

Ijang Awaludin; Efy Afifah, supervisor; Rr. Tutik Sri Hariyati, examiner (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2015)

 Abstrak

Mahasiswa cenderung memiliki banyak kesibukan, baik kesibukan akademik maupun kesibukan non akademik, sehingga hal tersebut dapat menjadi faktor penyebab terjadinya stres yang dikenal dengan stres akademik. Penelitian ini dilakukan kepada mahasiswa penerima beasiswa Beastudi Etos di wilayah Jakarta (mahasiswa Universitas Indonesia) dan Bogor (mahasiswa Institut Pertanian Bogor) sebanyak 89 orang dengan menggunakan teknik total sampling, dengan tujuan untuk mengetahui tingkat stres akademik yang terjadi pada mereka dengan menggunakan instrumen penelitian Academic Stress Scale (ASS). Penelitian ini dilakukan dengan analisis penelitian deskriptif dan menggunakan desain penelitian cross sectional.
Hasil penelitian diperoleh mahasiswa rata-rata berusia 19,12 tahun, didominasi oleh perempuan (60,7%) dan mahasiswa tahun ke-1 (64,0%), paling banyak mengikuti 2-3 organisasi (52,8%), sebagian besar memiliki indeks prestasi kategori baik (58,4%), serta teridentifikasi memiliki tingkat stres akademik kategori stres ringan (38,2%), stres sedang (32,6%), dan stres berat (11,2%). Rekomendasi dari penelitian ini adalah perlu dilakukan penelitian mengenai hubungan stres akademik dengan berbagai faktor lain seperti pola tidur dan pola aktifitas.

Students tend to have a lot of bustle, bustle both academic and non-academic, so that it can be factors that cause stress are known with academic stress. This research was conducted to scholarship recipients Beastudi Etos in Jakarta (Universitas Indonesia students) and Bogor (Bogor Agricultural University students) as much as 89 people by using total sampling technique, in order to determine the level of academic stress happens to them using research instruments Academic Stress Scale (ASS). This research was conducted with descriptive and analytical research using cross sectional design.
The results obtained by the students with an average age 19.12 years, dominated by women (60.7%) and students of year 1 (64.0%), the most widely followed 2-3 organizations (52.8%), partially great to have a good category of performance index (58.4%), and identified as having mild levels of academic stress (38.2%), moderate levels (32.6%), and high levels (11,2%). Recommendations from this research is necessary to do research on the relationship academic stress with a variety of other factors such as sleep pattern and activity pattern.

 File Digital: 1

Shelf
 S60076-Ijang Awaludin.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S60076
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2015
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xv, 66 pages; 30cm; illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S60076 14-24-05710031 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20411798