Event space sebagai media penyampaian ide karya fesyen melalui pengalaman ruang = Event space as delivering medium of fashion ideas through spatial experience / Diah Ayu Wulandari
Diah Ayu Wulandari;
Enira Arvanda, supervisor; Harahap, Yulia Nurliani, examiner; Mikhael Johanes, examiner
([Publisher not identified]
, 2015)
|
ABSTRAK Berkembangnya budaya konsumsi serta persaingan brand fesyen dalammenarik konsumen menjadikan adanya kebutuhan akan ruang yang representatifuntuk memperkenalkan produknya. Tak jarang saat ini seorang perancang busanabekerjasama dengan seorang arsitek khususnya dalam merancang sebuah eventspace, yaitu ruang yang dirancang atau direncanakan sesuai tujuan yang ingindicapai dengan menghadirkan pengalaman-pengalaman diluar kebiasaan/rutinitasyang biasa terjadi sehari-hari sehingga dianggap menjadi hal yang spesial atauistimewa. Dalam penulisan skripsi ini saya ingin menelaah lebih lanjut bagaimanasebuah event space yang dirancang oleh arsitek dapat menjadi mediapenyampaian ide karya fesyen serta menghubungkan antara perancang busanadengan konsumennya. Dengan kajian teori terkait fesyen dan arsitektur serta studikasus dua pagelaran busana kerjasama perancang busana dan arsitek, dapatdisimpulkan bahwa event space dapat menjadi media penyampaian ide karyafesyen dengan menghadirkan pengalaman ruang terkait konsep karya fesyenmelalui indra, narasi, serta persepsi yang dapat disampaikan secaraeksplisit/harafiah maupun hanya sebagai trigger awal desain event space. ABSTRACT The consumerism and fashion brand competition in attracting consumerscall up the need of representative space to introduce their products. Notinfrequently, fashion designers work with architects, especially in designing anevent space, a temporal space that is designed or planned according objectives tobe achieved by presenting experiences that are different with common experiencesin everyday life, so considered to be a special case. By writing this essay I want toexamine how an event space designed by architect serves as a medium indelivering fashion ideas, connecting fashion designer with their consumers. Withstudies related to fashion and architectural theory and case studies of two fashionrunway designed by fashion designers and architects, it can be concluded thatevent space can be a medium for delivering of fashion ideas by presenting spatialexperience related to the concept of fashion through the senses, narration, andperceptions that can be delivered explicitly/literal or simply as initial trigger ofevent space design. |
S60615-Diah Ayu Wulandari.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | S60615 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2015 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xvii, 85 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S60615 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20411815 |