[ABSTRAKbrSkripsi ini membahas tentang gagasan dan karya perupa FX. Harsono 1975-1998. Fokus dalam penulisan ini adalah kritik sosial-politik seniman Harsonosebagai reaksi terhadap Pemerintahan Orde Baru. Pada tahun 1975, terjadiperistiwa Gerakan Seni Rupa Baru Indonesia yang mencoba mendobrak senikonvensional yang terbatas pada seni lukis, patung, dan grafis. Harsonomerupakan salah satu seniman yang ikut melahirkan Gerakan Seni Rupa Baru1975. Rakyat, berita aktual, dan masalah-masalah yang terjadi di Indonesiamenjadi perhatiannya ketika itu. Peristiwa yang terjadi ditampilkan Harsonomelalui karya instalasi yang masih sangat baru di Indonesia. Penelitian inimenggunakan metode sejarah, yaitu heuristik, kritik, interpretasi, danhistoriografi. Pengumpulan data dilakukan pada daerah Jakarta dan Yogyakarta.Berdasarkan data yang diperoleh, penelitian ini menunjukkan eksistensi Harsonodalam perkembangan Seni Rupa Kontemporer Indonesia. This thesis discusses about artist F. X. Harsono: Ideas and Work (1975-1998).Focus in this writing is the political and social criticism of Harsono as a reactiontowards New Order Government. In 1975, there was Indonesia new art movementwhich tested to break conventional art limited to painting, sculpture, and graphic.Harsono was one of founding fathers to deliver New Art Movement 1975. People,actual news, and problem happened in Indonesia became the focus attention atthat time. The events occurred were showed by Harsono through his installationworks which were quite new in Indonesia. this research used historical methods,which are heuristics, critical, interpretation, and historiography. Data collectionwas conducted in Jakarta and Yogyakarta. Based on data collected, this researchsupports Harsono existence in the development of Indonesia New ContemporaryArt.;Skripsi ini membahas tentang gagasan dan karya perupa F. X. Harsono 1975-1998. Fokus dalam penulisan ini adalah kritik sosial-politik seniman Harsonosebagai reaksi terhadap Pemerintahan Orde Baru. Pada tahun 1975, terjadiperistiwa Gerakan Seni Rupa Baru Indonesia yang mencoba mendobrak senikonvensional yang terbatas pada seni lukis, patung, dan grafis. Harsonomerupakan salah satu seniman yang ikut melahirkan Gerakan Seni Rupa Baru1975. Rakyat, berita aktual, dan masalah-masalah yang terjadi di Indonesiamenjadi perhatiannya ketika itu. Peristiwa yang terjadi ditampilkan Harsonomelalui karya instalasi yang masih sangat baru di Indonesia. Penelitian inimenggunakan metode sejarah, yaitu heuristik, kritik, interpretasi, danhistoriografi. Pengumpulan data dilakukan pada daerah Jakarta dan Yogyakarta.Berdasarkan data yang diperoleh, penelitian ini menunjukkan eksistensi Harsonodalam perkembangan Seni Rupa Kontemporer Indonesia. This thesis discusses about artist F. X. Harsono: Ideas and Work (1975-1998).Focus in this writing is the political and social criticism of Harsono as a reactiontowards New Order Government. In 1975, there was Indonesia new art movementwhich tested to break conventional art limited to painting, sculpture, and graphic.Harsono was one of founding fathers to deliver New Art Movement 1975. People,actual news, and problem happened in Indonesia became the focus attention atthat time. The events occurred were showed by Harsono through his installationworks which were quite new in Indonesia. this research used historical methods,which are heuristics, critical, interpretation, and historiography. Data collectionwas conducted in Jakarta and Yogyakarta. Based on data collected, this researchsupports Harsono existence in the development of Indonesia New ContemporaryArt.;Skripsi ini membahas tentang gagasan dan karya perupa F. X. Harsono 1975-1998. Fokus dalam penulisan ini adalah kritik sosial-politik seniman Harsonosebagai reaksi terhadap Pemerintahan Orde Baru. Pada tahun 1975, terjadiperistiwa Gerakan Seni Rupa Baru Indonesia yang mencoba mendobrak senikonvensional yang terbatas pada seni lukis, patung, dan grafis. Harsonomerupakan salah satu seniman yang ikut melahirkan Gerakan Seni Rupa Baru1975. Rakyat, berita aktual, dan masalah-masalah yang terjadi di Indonesiamenjadi perhatiannya ketika itu. Peristiwa yang terjadi ditampilkan Harsonomelalui karya instalasi yang masih sangat baru di Indonesia. Penelitian inimenggunakan metode sejarah, yaitu heuristik, kritik, interpretasi, danhistoriografi. Pengumpulan data dilakukan pada daerah Jakarta dan Yogyakarta.Berdasarkan data yang diperoleh, penelitian ini menunjukkan eksistensi Harsonodalam perkembangan Seni Rupa Kontemporer Indonesia. This thesis discusses about artist F. X. Harsono: Ideas and Work (1975-1998).Focus in this writing is the political and social criticism of Harsono as a reactiontowards New Order Government. In 1975, there was Indonesia new art movementwhich tested to break conventional art limited to painting, sculpture, and graphic.Harsono was one of founding fathers to deliver New Art Movement 1975. People,actual news, and problem happened in Indonesia became the focus attention atthat time. The events occurred were showed by Harsono through his installationworks which were quite new in Indonesia. this research used historical methods,which are heuristics, critical, interpretation, and historiography. Data collectionwas conducted in Jakarta and Yogyakarta. Based on data collected, this researchsupports Harsono existence in the development of Indonesia New ContemporaryArt., Skripsi ini membahas tentang gagasan dan karya perupa F. X. Harsono 1975-1998. Fokus dalam penulisan ini adalah kritik sosial-politik seniman Harsonosebagai reaksi terhadap Pemerintahan Orde Baru. Pada tahun 1975, terjadiperistiwa Gerakan Seni Rupa Baru Indonesia yang mencoba mendobrak senikonvensional yang terbatas pada seni lukis, patung, dan grafis. Harsonomerupakan salah satu seniman yang ikut melahirkan Gerakan Seni Rupa Baru1975. Rakyat, berita aktual, dan masalah-masalah yang terjadi di Indonesiamenjadi perhatiannya ketika itu. Peristiwa yang terjadi ditampilkan Harsonomelalui karya instalasi yang masih sangat baru di Indonesia. Penelitian inimenggunakan metode sejarah, yaitu heuristik, kritik, interpretasi, danhistoriografi. Pengumpulan data dilakukan pada daerah Jakarta dan Yogyakarta.Berdasarkan data yang diperoleh, penelitian ini menunjukkan eksistensi Harsonodalam perkembangan Seni Rupa Kontemporer Indonesia. This thesis discusses about artist F. X. Harsono: Ideas and Work (1975-1998).Focus in this writing is the political and social criticism of Harsono as a reactiontowards New Order Government. In 1975, there was Indonesia new art movementwhich tested to break conventional art limited to painting, sculpture, and graphic.Harsono was one of founding fathers to deliver New Art Movement 1975. People,actual news, and problem happened in Indonesia became the focus attention atthat time. The events occurred were showed by Harsono through his installationworks which were quite new in Indonesia. this research used historical methods,which are heuristics, critical, interpretation, and historiography. Data collectionwas conducted in Jakarta and Yogyakarta. Based on data collected, this researchsupports Harsono existence in the development of Indonesia New ContemporaryArt.] |